Tindak Tutur Menolak dalam Gelar Wicara Mata Najwa Serta Implikasinya

Ulva Nurul Madihah, Sumarti Sumarti, Bambang Riadi

Sari


The aim of this research is to describe the form of refusal speech act at Talk Show Mata Najwa and its implication on Bahasa Indonesia teaching and learning in senior high school. This study used a qualitative approach with descriptive method. The results showed that the refusal speech act at Talk Show Mata Najwa consists of direct refusal speech act and indirect refusal speech act. As of direct refusal speech act consists of two strategies and indirect refusal speech act consists of seven strategies. The direct refusal speech act with performative sentence strategy is a dominant strategy at Talk Show Mata Najwa. The results could be implicated in Bahasa Indonesia teaching and learning in senior high school on even semester learning materials of first grade with the subject is analyze the contents of debate.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur menolak dalam Gelar Wicara Mata Najwa serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur menolak dalam Gelar Wicara Mata Najwa terdiri atas dua jenis, yaitu tindak tutur menolak langsung dan tindak tutur menolak tidak langsung. Adapun tindak tutur menolak langsung terdiri atas dua strategi dan tindak tutur menolak tidak langsung terdiri atas tujuh strategi. Strategi tindak tutur menolak langsung dengan kalimat tidak performatif merupakan strategi yang dominan muncul dalam Gelar Wicara Mata Najwa. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA pada materi pembelajaran siswa kelas X semester genap tentang menganalisis isi debat.

Kata kunci : tindak tutur menolak, gelar wicara, dan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Carla. 2016. Structure of Refusals. University of Minnesota: CARLA [online]. Tersedia: http://carla.umn.edu/speechacts/refusals/structure.html.

Chaer Abdul dan Leonie Agustin. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Eresco.

Nadar, F.X., dkk. 2005. Penolakan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Humaniora, 17: 166-178.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana: Sebuah kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsuddin dan Damayanti. 2011.Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijana, I Dewa Putu., Muhammad Rohmadi. 2012. Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamagashira, Hisako. 2001. Pragmatic Transfer in Japanese ESL Refusal. Kagoshima Immaculate Heart College, 4: 259-275.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.