Diksi dalam Poster Berbasis Elektronik di Youtube Serta Implikasinya

Amelia Saputri, Mulyanto Widodo, Sumarti Sumarti

Sari


The purpose of this study is to describe the direction in posters on youtube and its implications to learning Indonesia languages in Senior High Scohool. The method that used is qualitative descriptive method. Based on the overall analysis, the authors conclude that the diction in an electronic based posters on youtube and encompasses the from of the word denotative, connotative and context. The implication of diction to learning Indonesia languages in senior high school is the study material of 12 th grade students of the odd semester about facts and opinions in an article with the right choice of words and the right expression.

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan diksi dalam poster berbasis elektronik di Youtube serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Mengenah Atas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan, penulis menyimpulkan bahwa diksi dalam poster berbasis elektronik di Youtube dengan meliputi bentuk kata denotatif, konotatif, dan konteksnya. Implikasi diksi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu materi pembelajaran siswa kelas XII semester ganjil tentang fakta dan opini dalam sebuah artikel dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.

Kata kunci : diksi, pembelajaran, poster berbasis elektronik di youtube.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Parera, J. D. 1991. Sintaksis (Edisi Kedua). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rohim. Hamidi. 2012. Diksi pada Iklan Minuman di Stasiun Televisi Swasta Nasional dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Bandar Lampung. Lampung.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2009. Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Wibowo, Wahyu. 2003. Sihir Iklan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.