Prinsip Kerja Sama pada Ini Talkshow di Net TV serta Implikasinya

Mustavida Sari, Nurlaksana Eko Rusminto

Sari


The aim of this research is to describe the form of compliance and violations of cooperation principles at Ini Talkshow and its implication on Bahasa Indonesia teaching and learning in junior high school. This study used a qualitative method. The results showed that the violation of the principle of cooperation is found more than is the compliance. The compliance with the principles of cooperation is carried out in a serious context. There are two kinds of violation of the principle of cooperation: intentional and unintentional. Intentional violation is the speaker's intention to violate the principle of cooperation to cause implicature and not to make an misunderstanding because both are in the same background. Unintentional violation is the unawareness of the speaker that have violated the principles of cooperation. The results could be implicated in Bahasa Indonesia teaching and learning in junior high school with the subject is discussion.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk penaatan dan pelanggaran prinsip kerja sama pada Ini Talkshow serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran prinsip kerja sama ditemukan lebih banyak daripada penaatan. Penaatan prinsip kerja sama dilakukan saat berada pada konteks yang serius. Pelanggaran prinsip kerja sama ada yang disengaja dan tidak disengaja. Pelanggaran yang disengaja adalah kesengajaan penutur melanggar prinsip kerja sama untuk memunculkan implikatur dan tidak menimbulkan kesalahpahaman, sebab keduanya berada pada latar belakang yang sama. Pelanggaran yang tidak disengaja merupakan ketidaktahuan penutur bahwa telah melanggar prinsip kerja sama. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP pada materi diskusi.

Kata kunci : prinsip kerja sama, penaatan, dan pelanggaran


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2011. Analsisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analsisis. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.