NILAI-NILAI KARAKTER PADA KUMPULAN CERPEN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Agung Agung, Siti Samhati, Mulyanto Widodo

Sari


The problem in this research is how the values of the characters in the short story collection Selembut Angin Setajam Ranting by Isbedy Stiawan Zs. and the implications for teaching literature in high school. This research aims describe value of values character in a collection of short story those and its implications on the learning literary in Senior High School. This research uses descriptive qualitative method. The research data described by the actual reality, in the form of writing and then analyzed and interpreted objectively. The data source is a collection of short stories Selembut Angin Setajam Ranting. Data analysis techniques using the model flow. Results of this research showed that the character values contained in those collection of short stories is religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creativity, curiosity, love of country, friendship/communicative, love peace, love reading, environmental care, social care, and responsibility. 

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai karakter pada kumpulan cerpen Selembut Angin Setajam Ranting karya Isbedy Stiawan Zs. dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai karakter dalam kumpulan cerpen tersebut dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dideskripsikan berdasarkan kenyataan sebenarnya berupa tulisan kemudian dianalisis dan ditafsirkan sesuai tujuan penelitian. Sumber data adalah  kumpulan cerpen Selembut Angin Setajam Ranting karya Isbedy Stiawan Zs. Teknik analisis data menggunakan model alir, yakni dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang terdapat pada kumpulan cerpen tersebut, yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Kata kuncicerpen, karakter, nilai-nilai, pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Renika Cipta.

Stiawan Zs., Isbedy. 2005. Selembut Angin Setajam Ranting. Depok: PT Lingkar Pena Kreativa.

Kemendikbud. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Berkarakter. Surabaya: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.