PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMKN 4 BANDAR LAMPUNG

Roza Novi Linda, Sumarti Sumarti

Sari


The purpose of this research was to describe the learning of writing the complex procedural text at the first grade of SMK N 4 Bandar Lampung. This research used descriptive qualitative method. The result of this research showed that the teacher made lesson plan based on lesson plan (RPP) Components in curriculum 2013. In the implementation of lesson plan, there were two activities; teachers and students activity. The teachers activity included three steps; pre-activity, while activity and post-activity. When the learning process was going on there was incoherence conveyance the teacher with the rules set by Permendikbud, in the learning activity there was also time allocation incompatibility and the use of media that was slide power point that was planned in the lesson plan with the implementation in the class. In the evalution of learning of complex procedure text writing of complex procedure text writing the teacher used writing test and practice performance test.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMK N 4 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas yaitu, aktivitas guru dan aktivitas siswa. aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat ketidakruntutan penyampaian pembelajaran yang disampaikan guru dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Permendikbud, dalam kegiatan pembelajaran juga terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu dan penggunaan media yang berupa slide power point yang telah direncanakan pada RPP dengan pelaksanaannya di kelas. Pada penilaian pembelajaran menulis teks prosedur kompleks, guru menggunakan teknik tes tertulis dan tes praktik/unjuk kerja.

Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks prosedur kompleks


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Yunus. 2016.Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Dharma, Surya. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan, Ditjen PMPTK.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Margono. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bnadung:Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.