PEMBELAJARAN MENULIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEMONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ratih Finarsih, Iqbal Hilal

Sari


The purpose of this research was to described the teaching of writing, that consisted of planning, implementation, and assessment in the first grade student of SMA Negeri 1 Lemong in academic year 2016/2017. This research was qualitative research. The date of this research was took from the activities of learning to write. In collecting the date the researcher used documentation, observation, ang interview. The result of this research by the teacher were suitable with KTSP. In process the teacher had done the process based on RPP, but there is some indicators that had not done by the teacher. That is the teacher should deliver the benefit of the teaching learning process and motivation, media and the time allocation teachers are not in accordance with the RPP, and teacher did reflection and oral and written tests. Aspects of the assessment in the form of an authentic assessment of teachers. Rate attitudes, knowledge and skills assessment does not comply with teacher based KTSP.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian siswa kelas X SMA Negeri 1 Lemong tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari kegiatan pembelajaran menulis. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perencanaan yang dibuat guru berdasarkan komponen-komponen sesuai KTSP. Tahap pelaksanaan pembelajaran guru sudah melakukan kegiatan sesuai dengan RPP, namun terdapat indikator yang tidak dilakukan guru, yaitu tidak menyampaiakan manfaat pembelajaran dan motivasi, media dan alokasi waktu yang digunakan guru tidak sesuai dengan RPP, dan guru tidak melakukan refleksi dan tes lisan maupun tertulis. Aspek penilaian yang dilakukan guru berupa penilaian autentik. Penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan keterampilan tidak sesuai dengan RPP guru berdasarkan KTSP.

Kata kunci : pembelajaran, menulis puisi, mendiskusikan masalah.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsmi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2006. Manajenen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sardiman, 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tarigan, Henry Guntur. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.