Fakta Cerita dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Implikasikasinya

Desti Wulandari, Munaris Munaris

Sari


The purpose of this research are to describe the fact of story about the stage of plot, setting, characters, and its implication to the literature learning at SMA. In this research the writer used descriptive qualitative method. The source of the data in this research was the novel Ayah by Andrea Hirata. The result of this research showed that fact of story in novel Ayah by Andrea Hirata was, (a) in the plot there were exposition, complication, climax, relevance and denoument; (b) there was background of the place, time and social; (c) the kind of characters that is focused on the main character and an additional character.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fakta cerita yang di dalamnya membahas tahap alur, latar dan tokoh, serta mengimplikasikan dalam pembelajaran sastra di SMA.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ayah karya Andrea Hirata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fakta cerita dalam novel Ayah karya Andrea Hirata yakni, (a) tahap alur terdiri dari tahap eksposisi, komplikasi atau komplikasi atau konflik, klimaks, relevansi dan denoument; (b) unsur latar antara lain, latar tempat, latar waktu, dan latar sosial; (c) jenis tokoh yang difokuskan pada tokoh utama dan tokoh tambahan.

Kata kunci: alur, fakta cerita, jenis tokoh, latar.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adhiyta, Dea. 2010. Memahami Novel. Bogor: PT. Quadra inti Solusi

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya

Nurgiyantoro, Burhan 2013.Teori Kajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Omarjati, Boen S. 1992. Dengan Sasra Mencerdaskan Siswa: Memperkaya pengalaman dan Pengetahuan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Semi, M. Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV. Angkasa.

Sudjiman, Panuti. 1991. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.