HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA SMPN 30 BANDAR LAMPUNG 2015/2016
Sari
The aim of the research was to describe the significant correlation between self-efficacy and speech ability of the seventh grade students at SMPN 30 Bandar Lampung. This study used quantitative methods. Population of this research was the seventh grade students of SMP Negeri 30 Bandar Lampung 2015/2016. Data were analyzed using self-efficacy questionnaire and speech ability test. The analysis showed a significant correlation with the ability of self-efficacy speech. Self-efficacy showed very high category with an average of 129,73. Their speech capability can be categorized as an one fairly with the average value of 72,19. The correlation between the two variables is fair with the value 0,552 and significance 0,007 > 0,005 error margin based on the value of r.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kemampuan berpidato siswa kelas VII SMP Negeri 30 Bandar Lampung 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 30 Bandar Lampung 2015/2016. Data dianalisis menggunakan kuisioner efikasi diri dan tes kemampuan berpidato. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan efikasi diri dengan kemampuan berpidato. Efikasi diri menunjukkan kategori sangat tinggi dengan rata-rata 129,73. Kemampuan berpidato dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 72,19. Korelasi antara kedua variabel sedang/cukup dengan nilai 0,552 dan signifikansi 0,007 > taraf kesalahan 0,005 berdasarkan nilai r.
Kata kunci: efikasi diri, hubungan, kemampuan berpidato.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Apriliya, Bhakti. 2008. Hubungan antara Hobi Membaca Komik dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMS Negeri 5 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Bandarlampung: FKIP Universitas Lampung.
Arikunto, Prof. Dr. Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad, Maidar G. dan Mukti U.S. 1993. Pembimbing Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Airlangga.
Bandura, Albert. 1997. Self Efficay The Exercise of Kontrol. New York: W.H Freeman and Company.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Safari dan Romli. 2007. Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sutrisno, Hadi. 2004. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.