KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNILA DAN IMPLIKASINYA
Sari
The error on spelling often happens on paper or script writing. The purpose of this research was to describe the spelling error on students script and its implication on bahasa Indonesia lecturing as general subject. The method used in the reasearch was descriptive qualitative method. The result showed in the students script there were errors or mistakes onusing letters and punctuation. According to the two classifications of language error analysis, which are (1) face strategy taxonomy and (2) communicative effect taxonomy there were errors consisting of omission, addition, misformation, and misordering in the former taxonomy also local and global error in the second taxonomy. These findings can be implicated as learning supplement on bahasa Indonesia lecturing as general subject as examples of error that commonly happen in paper writing especially script.
Kesalahan penggunaan ejaan merupakan kesalahan yang sering terjadi pada penulisan karya ilmiah.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan pada skripsi mahasiswa dan implikasinya pada pengajaran mata kuliah umum bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada skripsi mahasiswa terdapat kesalahan penggunaan ejaan dalam pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca pada skripsi mahasiswa. Berdasarkan dua klasifikasi analisis kesalahan berbahasa, yakni (1) taksonomi siasat permukaan ditemukan kesalahan penghilangan, kesalahan penambahan, kesalahan pembentukan, kesalahan pengurutan, dan (2) taksonomi efek komunikatif ditemukan kesalahan lokal dan kesalahan global. Temuan ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran mata kuliah umum bahasa Indonesia sebagai suplemen pembelajaran, yakni contoh-contoh kesalahan yang lazim terjadi pada penulisan karya ilmiah terutama skripsi.
Kata kunci: kesalahan penggunaan ejaan, skripsi, kesalahan berbahasa.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta
Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo Jakarta.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda.
Rusminto, NurlaksanaEko. 2011. Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Kajian Keterampilan Berbahasa pada Anak-anak). Bandarlampung: Universitas lampung.
Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.