KEMAMPUAN MENULIS IKLAN BARIS SISWA SMP KELAS IX MTs NEGERI 1 PRINGSEWU
Sari
This research aimed to describe the ability of writing a classified ad in IX grade of MTs Negeri 1 Pringsewu the academic year 2015/2016. This research used descriptive quantitative method. The results showed the level of writing ads ability of students in IX grade of MTs Negeri 1 Pringsewu the academic year 2015/2016 included into the excellent category, with a total score reached 3204 with a total average score of 86,59. The indicators were assessed: (1) indicator of language (a) the language used is brief, (b) the language used is, (c) the language used is clear, (d) the ads is using abbreviated popular form, (e) the language used is communicative, (2) indicator of content, (3) the lenght of the article.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis iklan baris pada siswa kelas IX MTs Negeri 1 Pringsewu tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan menulis iklan baris siswa kelas IX MTs Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori baik sekali, dengan jumlah skor mencapai 3204 dengan total skor rata-rata 86,59. Adapun indikator yang dinilai yaitu (1) indikator bahasa (a) bahasa yang digunakan singkat, (b) bahasa yang digunakan padat, (c) bahasa yang digunakan jelas, (d) iklan baris menggunakan bentuk singkatan populer, (e) bahasa yang digunakan komunikatif, (2) indikator isi, (3) indikator panjang tulisan.
Kata kunci: kemampuan, menulis, iklan baris.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Smp Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suriamiharja, Dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Wahono Dan Rusminto. 2007. Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas IX. Bandar Lampung: Gita Perdana.
Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Bandung: Pustaka Book Publisher.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.