KEMAMPUAN MENULIS TANGGAPAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN I WAY JEPARA

Poppy Ayu Marisca, Siti Samhati

Sari


The skill of writing the description response text of student in class VII was problem in this research. The purpose of this study was to describe the skill of writing description response text in class VII. The method used was quantitative descriptive method. The data source of this study was the student of class VII SMPN 1 Way Jepara in academic years 2015/2016. The technique used was written and documentation. The test data data was analyzed and assessed by two examiners were researcher and researchers mate. The results of this study showed that the average value of students skill in writing arguments essay are in good categories. The average per aspect are (1) The table of contents is 82,39% with good category, (2) the arrangement of ideas is 83,17% with good category, (3) the sentence is 78,75% with good category, (4) diction is 72,24% with good category, (5) the spelling is 68,40% with the enough category.

Kemampuan menulis teks tanggapan deskripsi pada siswa kelas VII merupakan masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan deskripsi siswa kelas VII. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Way Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tertulis dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dan dinilai 2 penilai yaitu peneliti dan rekan satu prodi. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata siswa dalam menulis teks tanggapan deskripsi berada pada kategori baik. Pada indikator isi gagasan yang dikemukakan mencapai persentase 82,39%, organisasi isi dengan persentase 83,17%, tata bahasa mencapai persentase 78,75% dan pemilihan kata atau diksi mencapai 72,24%, penggunaan ejaan mencapai 68,40%.

Kata kunci: kemampuan, menulis, tanggapan deskripsi


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Kalidjernih, Freddy k. 2010. Penulisan Akademik. Bandung: Widya Aksara Press.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta. Rajawali.

Sugihastuti, 2009. Rona Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.