KEMAMPUAN MENULIS TANGGAPAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN I WAY JEPARA
Sari
Kemampuan menulis teks tanggapan deskripsi pada siswa kelas VII merupakan masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan deskripsi siswa kelas VII. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Way Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tertulis dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dan dinilai 2 penilai yaitu peneliti dan rekan satu prodi. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata siswa dalam menulis teks tanggapan deskripsi berada pada kategori baik. Pada indikator isi gagasan yang dikemukakan mencapai persentase 82,39%, organisasi isi dengan persentase 83,17%, tata bahasa mencapai persentase 78,75% dan pemilihan kata atau diksi mencapai 72,24%, penggunaan ejaan mencapai 68,40%.
Kata kunci: kemampuan, menulis, tanggapan deskripsi
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Kalidjernih, Freddy k. 2010. Penulisan Akademik. Bandung: Widya Aksara Press.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta. Rajawali.
Sugihastuti, 2009. Rona Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.