KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI PADA SISWA

Ervina Meria Sari Pohan, A. Effendi Sanusi

Sari


The problem in this study was whether the use of audio-visual media "video" is more effective than visual media "image" in teaching exposition paragraph writing in class X SMAN 4 Bandar Lampung. This study aimed to test the effectiveness of the use of audio-visual media of "video" compared with the use of visual media of "image" on the ability to write an exposition paragraph in class X. This research method used the experimental method. The results of this study indicated pretest and posttest in the experimental group and the control group, the mean ability to write paragraphs of exposition in the experimental group obtained pretest and posttest amounted to 66,2813 for 87,4688. Students has increased an average of 21,1875. As for the control group gained an average of pretest amounted to 66,53125 and posttest 84,0625. Students has increased an average of 17,53125.

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual video lebih efektif daripada media visual gambar dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media audio visual video dibandingkan dengan penggunaan media visual gambar terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan pretes dan postes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, rerata kemampuan menulis paragraf eksposisi di kelompok eksperimen diperoleh pretest sebesar 66,2813 dan postest sebesar 87,4688. Siswa mengalami peningkatan rerata sebesar 21,1875. Adapun rerata pada kelompok kontrol diperoleh pretest sebesar 66,53125 dan postest sebesar 84,0625. Siswa mengalami peningkatan rerata sebesar 17,53125.

Kata kunci: audio visual, keefektifan, paragraf eksposisi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikuto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suleiman, Amir Hamzah. 1988. Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Suratno. 2010. Bahasa Indonesia. Jakarta: CV Buana Raya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.