PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG

Klara Ken Laras, Edi Suyanto

Sari


This research aimed to describe the planning, implementation, and evaluation of the learning writing explanation text in Global MadaniJunior High School Bandar Lampung. The method in this research was qualitative descriptive by observation technique, documentation, and interview in collecting the data. The result showed that the teacher made a lesson plan based on the curriculum 2013. In the implementation, there were two activities namely; teachers activity and students activity. There were three steps in teachers activities; pre-activity, while activity and post-activity. In the while activity, the students were able to observe, ask, try, understand, and communicate. The teachers evaluation was based on students attitude by observing directly, the evaluation of students knowledge was by the essay test and the evaluation of students competence by practice test to write the explanation text.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada kegiatan pembelajaran menulis teks eksplanasi di SMP Global Madani Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas yaitu, aktivitas guru dan aktivitas siswa. aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan ini terjadi aktivitas siswa yang meliputi aktivitas mengamati, aktivitas menanya, aktivitas mencoba, aktivitas menalar, dan aktivitas mengomunikasikan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tertulis berupa soal uraian, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik berupa menulis teks eksplanasi.

Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks eksplanasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Dalman, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakara: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistika.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.