PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII TERBITAN KEMDIKBUD
Sari
The purpose of this research was to describe the use of Indonesian language in the mathematic textbook for grade VII of Junior High School/Islamic Junior High School published by The Ministry of Education and Culture. The method used in this research was a qualitative descriptive method. The results showed that the use of Indonesian language in mathematic textbook had been in accordance with the norm of Indonesian language, but still contain (1) 7,36% imprecision of spelling; (2) 1,04% imprecision of diction; and (3) 5,62% imprecision of effective sentence.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia dalam buku teks matematika untuk kelas VII SMP/MTs terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam buku teks matematika sudah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, tetapi masih terdapat (1) 7,36% ketidaktepatan ejaan; (2) 1,04% ketidaktepatan diksi; dan (3) 5,62% ketidaktepatan kalimat efektif.
Kata kunci: bahasa Indonesia, buku teks matematika, penggunaan.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Alkhaidah, Sabarti, dkk. 1996. Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Fuad, Muhammad dkk. 2006. Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah. Yogyakarta: Ardana Media.
Keraf, Gorys. 1989. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Referensi.
Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Putrayasa, Ida Bagus. 2010. Kalimat Efektif. Bandung: Refika Aditama.
Semi, M. Atar. 1990. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.
Suriasumantri, Jujun Suparjan. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pancaranintan Indahgraha.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.