PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA ANAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 BANDARLAMPUNG
Sari
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran apresiasi cerita anak siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan hasil penelitian dan analisisnya terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran apresiasi cerita anak. Objek penelitian ini adalah aktivitas pembelajaan apresiasi cerita anak yang dilakukan guru bidang studi Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang guru rancang sudah sesuai dengan ketentuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yaitu aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam belajar.
Kata kunci: apresiasi, cerita anak, pembelajaran.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Broto, A.S. 1982. Metode Proses Belajar Mengajar Berbahasa Dewasa Ini. Solo: Tiga Serangkai.
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lubis, Hamid Hasan. 1994. Glosarium Bahasa dan Sastra. Bandung: Angkasa.
Moleong,Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003: Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Angkasa.
Suliani, Ni Nyoma Wetty. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Tarigan, Hery Guntur. 1985. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.