PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA ANAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 BANDARLAMPUNG

Dian Kurniasari, Iqbal Hilal, Munaris Munaris

Sari


The purpose of this study was to describe the appreciation learning of children's stories at the seventh grade students of SMPN 20 Bandar Lampung in academic year 2013/2014. The method used in this research was descriptive qualitative method, which the authors describe the results of research and analysis on the planning, implementation, and assessment of appreciation learning stories of children's stories. The object of this study was the activity of appreciation learning of children which teachers of Indonesian subject and the seventh grade students of SMPN 20 Bandar Lampung. Collecting data in this study were conducted by observation, interviews, documentation and recording. The results showed that the lesson plans which is desigred by the teachers are in accordance with the provisions of the lesson plan. The lesson plan was the implementation of learning activities and the activities of teachers in teaching the students to learn.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran apresiasi cerita anak siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan hasil penelitian dan analisisnya terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran apresiasi cerita anak. Objek penelitian ini adalah aktivitas pembelajaan apresiasi cerita anak yang dilakukan guru bidang studi Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang guru rancang sudah sesuai dengan ketentuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yaitu aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam belajar.

Kata kunci: apresiasi, cerita anak, pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Broto, A.S. 1982. Metode Proses Belajar Mengajar Berbahasa Dewasa Ini. Solo: Tiga Serangkai.

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lubis, Hamid Hasan. 1994. Glosarium Bahasa dan Sastra. Bandung: Angkasa.

Moleong,Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003: Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Angkasa.

Suliani, Ni Nyoma Wetty. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, Hery Guntur. 1985. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.