ANALISIS NASKAH SOAL UJIAN SEKOLAH DITINJAU DARI TIGA VALIDITAS
Abstract
The problem in this research was how did the validities of appearance, content, and construction of Indonesian language and literature examination problem text from academic year 2011/2012 to 2013/2014. This was a qualitative and descriptive research. The results showed that the appearance validity viewed from principles of composing multiple choice problems including principle of material indicated that there were still inhomogeneous choice answers and a problem with double correct answers. Competences in curriculum had been represented viewed from content validity of school examination problems, and the problems had measured skills of reading and writing in the written examination problem viewed from construction validity.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah soal ujian sekolah mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pelajaran 2011/2012 s.d 2013/2014 ditinjau dari validitas tampilan, validitas isi, serta validitas konstruksi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ditinjau dari validitas tampilan ditinjau dari kaidah penulisan soal pilihan ganda yang meliputi kaidah materi masih terdapat pilihan jawaban yang tidak homogen serta pilihan yang memiliki dua kunci jawaban.sedangkan ditinjau dari validitas isi soal ujian sekolah sudah mewakili kompetensi yang ada di dalam kurikulum sedangkan ditinjau dari validitas konstruksi sudah mengukur kemampuan yang diukur dalam tes tertulis berupa keterampilan membaca dan menulis.
Kata kunci: analisis soal ujian, validitas isi, validitas konstruksi, validitas
tampilan.
Full Text:
PDFReferences
Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Safari. 2001. Kaidah Bahasa Indonesia dalam Penulisan Soal. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Setiyadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.