PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM BUKU MATEMATIKA KELAS VI MI/SD
Abstract
This study aims to describe the usage of perfected orthography (EYD), diction and writing sentence in the textbook of mathematics for the sixth grade in primary school. The method used in this research is qualitative descriptive method. The source of data in this study is the mathematics book published by Quadra and published by Erlangga. The results showed that the mathematics books still contain (1) unaccuracy of using the perfected orthography (EYD) such as capital word, italics, word writing (principle, affixed, repeated, preposition, particle) and punctuation mark such as comma, colon, and exclamation mark; (2) unaccuracy of diction; (3) unaccuracy of writing sentence.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemakaian EYD, diksi (pilihan kata), dan penulisan kalimat dalam buku matemetika kelas VI MI/SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku matematika kelas VI MI terbitan Quadra dan kelas VI SD terbitan Erlangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) masih ada ketidaktepatan pemakaian ejaan yang meliputi pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, penulisan kata (kata dasar, kata keturunan, bentuk ulang, kata depan, partikel), dan pemakaian tanda baca (tanda koma, tanda titik dua, tanda seru); (2) masih ada ketidaktepatan diksi (pilihan kata) yang meliputi kata yaitu, dari, ke, dengan, dan di mana; (3) masih ada ketidaktepatan penulisan kalimat.
Kata kunci: bahasa Indonesia, buku matematika, penggunaan.
Full Text:
PDFReferences
Abdulkarim, Aim. 2007. Analisis buku teks dan implikasinya dalam memberdayakan keterampilan berpikir siswa SMA. Forum Pendidikan, volume 26, Nomor 2, hlm 118, 129
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Fuad, Muhammad dkk. 2009. Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah. Yogyakarta: Ardana Media.
Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.
Karomani. 2009. Logika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Misdan Undang. 1999. Telaah Buku Teks dan Kurikulum. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi
Nawawi, Hadari dan Mimi Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rosidi, Ajip. 2000. Bahasa Indonesia Bahasa Kita. Jakarta: Pustaka Jaya.
Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyitno, Hardi. 2008. Hubungan antara Bahasa dengan Logika dan Matematika menurut Pemikiran Wittgensten. Humaniora, Vol. 20, No.1, hlm 37
Refbacks
- There are currently no refbacks.