NILAI SOSIAL, BUDAYA, DAN AGAMA DALAM CERITA RADIN DJAMBAT SERTA IMPLIKASINYA
Abstract
This study aims to describe the social, cultural, and religious values in the story of Radin Djambat and their implications. The method used in this research is qualitative descriptive method. The source of data in this study is Radin Djambat story book. The results showed that the story of Radin Djambat contains social , cultural, and religious values. Social values in the story Radin Djambat include devotion among human, unity in life, mutual cooperation, deliberative process, and justice for others. Cultural values in the story of Radin Djambat include theoretical , economics, art, power, and solidarity values. Religious value include implementation of the pillars of Islam and worship. Implications based on research results is literature learning with Radin Djambat story in basic 2.2 Appreciating Indonesian literatures to find the values of life and apply them to refine the manners.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai sosial, budaya, dan agama dalam cerita Radin Djambat serta implikasinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku cerita Radin Djambat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita Radin Djambat mengandung nilai sosial, budaya, dan agama. Nilai sosial dalam cerita Radin Djambat meliputi kebaktian antarmanusia, kebersatuan hidup, kegotongroyongan, kemusyawarahan, dan keadilan terhadap sesama. Nilai budaya dalam cerita Radin Djambat meliputi nilai teori, ekonomi, seni, kuasa, dan solidaritas. Nilai agama meliputi pelaksanaan rukun Islam dan ibadah. Implikasi hasil penelitian ini berupa pembelajaran sastra menggunakan cerita Radin Djambat dalam kompetensi dasar 2.2 Mengapresiasi sastra Indonesia untuk menemukan nilai-nilai kehidupan dan menerapkannya untuk memperhalus budi pekerti.
Kata kunci: nilai agama, nilai budaya, nilai sosial.
Full Text:
PDFReferences
Fibrianti, Ika. 2012. Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 untuk SMA/MA. Klaten: Intan Pariwara.
Husdarta, J.S. dan Saputra, Yudha M. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Martini. 2011. Pembelajaran Standar Proses Berkarakter. Jakarta: Prenada.
Nawawi, Hadari dan Mimi Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Syam, Noor. Dkk. 1988. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.