PEMANFAATAN FLIPBOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANTI PERUNDUNGAN UNTUK MENGURANGI PERUNDUNGAN ANTAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
This study aims to determine the influence of flipbooks as a media for preventing bullying behavior among elementary school students. The data collection technique used is RnD (Research and Development). The results of the study show that (1) bullying can be categorized into three types: physical, verbal, and relational bullying. (2) The causes of bullying are due to negative influences from the home environment, students feeling powerful and feared in the classroom, students feeling envious of other students, and a lack of empathy towards students with special needs. (3) Efforts to prevent bullying include: teachers approaching students involved in bullying, putting up posters prohibiting bullying, collaborating with local police and social services to address bullying incidents, and conducting anti-bullying socialization using flipbooks. This research emphasizes the use of flipbooks as an anti-bullying education medium through document analysis and using the RnD (Research and Development) research type, which focuses on product development and feasibility testing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media flipbook terhadap pencegahan perilaku perundungan antar siswa di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yaitu RnD (Research and Development). Hasil penelitian (1) bentuk perundungan dikategorikan menjadi tiga jenis perundungan, yaitu perundungan fisik, verbal, dan relasional. (2) penyebab perundungan karena pengaruh negatif dari lingkungan rumah, siswa merasa berkuasa dan ditakuti di kelas, siswa merasa iri dengan siswa lain, dan kurangnya empati terhadap siswa berkebutuhan khusus. (3) upaya: guru melakukan pendekatan kepada siswa yang terlibat perundungan, memasang poster tentang larangan melakukan tindak perundungan, melakukan kerjasama dengan Babinkamtibmas dan Dinas Sosial untuk mengatasi tindak perundungan yang terjadi, serta melakukan sosialisasi anti perundungan dengan media flibook. Penelitian ini lebih menekankan penggunaan media flipbook sebagai media edukasi anti perundungan dengan teknik studi dokumen dan menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development, dimana jenis penelitian ini fokus pada pengembangan produk serta pengujian kelayakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rahayu, S., & Wicaksono, V. D. (2021). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Edukasi Anti-Perundungan Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(1), 75-84.
Zahra, T. A., Dewi, R. K., Lestari, D. A., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook” Karakter Anak Bangsa, Indonesia Beradab” untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 615-623.
Fitriana, M. N. F. A. A., & Fauzi, A. (2023). Analisis Tindak Perundungan Siswa Sekolah Dasar dan Upaya Penanggulangannya. Yustisia Tirtayasa: Jurnal Tugas Akhir, 3(3), 287-295.
Rahman, H., Irfan, M., Ningsih, D. A., Hasmiati, H., Saydiman, S., & Asri, H. (2023). Analisis Dampak Perilaku Bullying terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Tingkat Madrasah Ibitidaiyah dan Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 2374-2382.
Farah, F., Azriel, A., Mutia, M., Reza, R., Ali, A., & Sokhivah, S. (2022, October). EDUKASI PENCEGAHAN TINDAKAN PERUNDUNGAN PADA ANAK SD/MI. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 399.
Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1-15.
Dirgantara, C. S., Rohmawati, R., Nindya, R., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Ebook APOI” Amazing Prophet Of Islam” untuk Mendidik Karakter pada Anak SD Kelas Atas. Jurnal Basicedu, 6(3), 3931-3944.
Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Physics Learning by E-module. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Rokhanawati, D., SiT, S., Kurniawati, H. F., & SiT, S. (2020). Gambaran Kejadian Bullying Pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta).
Refbacks
- There are currently no refbacks.