IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Abstract
Di Pesantren sering terjadi permasalahan terkait metode yang sesuai dengan kebutuhan santri, sehingga mengakibatkan menurunnya semangat santri mempelajari Al-Qur’an serta melemahkan kemampuan mereka dalam pengucapan makhorij al-huruf dan panjang pendek harakat atau tanda baca di Al-Qur’an. Berdasarkan permasalahan tersebut, Pondok Pesantren Nurul Jadid menerapkan metode Yanbu’a dengan tujuan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri yang baik dan benar sesuai makhorij al-huruf serta menguasai materi tajwid dan gharib. Pendekatan kualitatif yang digunakan di penelitian ini bertujuan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teori Miles dan Humberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan implementasi metode Yanbu’a mampu meningkatkan kemampuan santri membaca AL-Qur’an sesuai dengan Makhorij al-huruf dan tajwid.
In Islamic boarding schools, there are often problems with methods that suit the needs of students, resulting in a decrease in the enthusiasm of students to learn the Qur'an and weakening their ability to pronounce makhorij al-huruf and the short length of harakat or punctuation marks in the Qur'an. Based on these problems, the Nurul Jadid Islamic Boarding School applies the Yanbu'a method with the aim of improving the ability of students to read the Qur'an well and correctly according to makhorij al-huruf and master tajweed and gharib materials. This study uses a qualitative approach with interview, observation, and documentation data collection techniques. The data was analyzed with Miles and Humberman's theory, namely data reduction, data presentation and conclusion drawn. The results of the study concluded that the implementation of the Yanbu'a method was able to improve the ability of students to read the Qur'an in accordance with Makhorij al-huruf and tajwid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afni, S. R. N., & Handayani, D. (2022). Optimalisasi Ketepatan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a di TPQ Nurul Ummah Kepuharjo Malang. Abdimas Indonesian Journal, 2(1), 39–57. https://doi.org/10.59525/aij.v2i1.81.
Ainiyah, Q., & Miftahul Himmah, S. (2023). METODE YANBU’A DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PESANTREN JOMBANG. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(1), 206–222. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i1.1050.
Azizah, F. N., Sa’adah, N., & Damairi, M. U. (2022). Optimalisasi Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Program Tahfid di Dusun Pinggirpapas Desa Sidowangi Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v2i2.25.
Chalimatus Sa’dijah. (2021). Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Jurnal Qiroah, 11(2), 100–123. https://doi.org/10.33511/qiroah.v11n2.100-123.
Chotimah, C., Lilawati, E., Zulfah, M. A., Roziqin, M. K., Ulya, U. S., Mushoffy, A., & Fadhilah, U. M. (2022). Pengenalan Baca Tulis dan Menghafal Al Qur’an Metode Yanbu’a pada Guru TPQ di Desa Ngogri Megaluh. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 146–148. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v3i3.3203.
Indana, N., & Febrianti, A. (2023). PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PENINGKATAN KEFASIHAN BACA AL-QUR’AN. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(2), 421–441. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i2.897.
Kholidin, N., Yuliantoro, A. T., Supangat, S., & Pertiwi, R. P. (2022). Pembinaan Menghafal Juz 30 Menggunakan Metode Yanbu’a di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Darul Mujawwidin Desa Harjomulyo Jaya OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 4(1), 8–11. https://doi.org/10.30599/jimi.v4i1.1617.
Kurnia Fitri, W., & Jamaris, J. (2022). The Effect Of The Yanbu’A Method On The Success Of Reading-Writing The Qur’An By Students In Extracurricular Activities At Junior High School 31 Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 318. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.115083.
Miranti, M. M., Noor, W., & Purnomo, F. S. (2023). Implementasi Metode Yanbu’a dan Implikasinya terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Ta’limul Muta’allim Desa Air Kuang Kecamatan Jebus. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 135–142. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v10i2.3724.
Mutiah, N., & Fuad, A. J. (2020a). Persepsi Metode Yanbu’a dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Membaca Al Qur’an di TPQ Raudlatul Mubtadi-ien Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(3), 154–164. https://doi.org/10.33367/ijhass.v1i3.1455.
Mutiah, N., & Fuad, A. J. (2020b). Persepsi Metode Yanbu’a dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Membaca Al Qur’an di TPQ Raudlatul Mubtadi-ien Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(3), 154–164. https://doi.org/10.33367/ijhass.v1i3.1455.
Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 32. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.21.
Parwanto. (2024). PENDAMPINGAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE KARIMAH PADA MASYARAKAT BABADAN BERJO NGARGOYOSO. Jurnal Indonesia Mengabdi, 2(3), 71–75. https://doi.org/10.55080/jim.v2i3.444.
Rofiq, M., & Basyid, M. A. (2020). Implementasi Metode Yanbu’a untuk Meningkatkan Hasil Belajar Baca Al-Qur’an di MI Baitul Huda Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. QUALITY, 8(2), 207. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.7550.
Rohmad, M. Maimun Najjah, Muhammad Amrin syafi’i, & Ishaq Purnomo. (2023). Pendampingan Membaca Al-Quran Dengan Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Minat Anak Membaca Al-Qur’an Di TPQ Al-Amin Dusun Parerejo Gedangsewu Pare Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 4(3), 270–280. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i3.1072.
Tanfidiyah, N. (2017). Metode Yanbu ’ a dalam Meningkatkan Baca Tulis Alquran pada Anak Usia Dini.
Yulianti, E., Praminto, Y. L. Q. N., Sya’baniah, K., Rohmad, A. N., & Chilmy, M. S. N. (2024). Penerapan Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Membaca Al-qur’an di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) MIFTAHUL HUDA Desa Asrikaton Kabupaten Malang. JRCE (Journal of Research on Community Engagement), 5(2), 66–77. https://doi.org/10.18860/jrce.v5i2.23393.
Refbacks
- There are currently no refbacks.