IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MEMPERHATIKAN ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCE SISWA DI SMP N 1 METRO
Abstract
This study aims to analyze the implementation of the use of teaching media in differentiated learning at SMPN 1 Metro, by considering the aspects of students' multiple intelligences. Differentiated learning allows teachers to adjust learning methods and media to the potential and diverse learning styles of students. This study uses a qualitative method with data collection techniques through interviews and observations. Data were analyzed using the Miles and Huberman interactive model. The results of the study indicate that the media used at SMPN 1 Metro are mostly still focused on reading materials and visual presentations that support students with linguistic and logical-mathematical intelligence. Students with other intelligences, such as kinesthetic, musical, and spatial, feel less accommodated because teaching media that support their learning styles are rarely used. The main obstacles faced in the implementation of appropriate teaching media are the lack of understanding of how to design and use media that support students' various intelligences and limited facilities. This study concludes that the use of more diverse and inclusive teaching media is needed to support effective differentiated learning. The use of teaching media that is more appropriate to multiple intelligences can increase student engagement and understanding of the material.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penggunaan media ajar dalam pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 1 Metro, dengan mempertimbangkan aspek multiple intelligences siswa. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru menyesuaikan metode dan media pembelajaran dengan potensi serta gaya belajar siswa yang beragam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan di SMPN 1 Metro sebagian besar masih terfokus pada bahan bacaan dan presentasi visual yang mendukung siswa dengan kecerdasan linguistik dan logis-matematis. Siswa dengan kecerdasan lain, seperti kinestetik, musikal, dan spasial, merasa kurang terakomodasi karena media ajar yang mendukung gaya belajar mereka jarang digunakan. Hambatan utama yang dihadapi dalam implementasi media ajar yang sesuai adalah kurangnya pemahaman tentang bagaimana merancang dan menggunakan media yang mendukung berbagai kecerdasan siswa serta keterbatasan fasilitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media ajar yang lebih beragam dan inklusif sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi yang efektif. Penggunaan media ajar yang lebih sesuai dengan multiple intelligences dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afandi, R. (n.d.). Manajemen Pengembangan Multiple Intelligences Peserta Dididk di Pride Home Schooling Cinere Depok.
Aghnia, F. (2023). Analisis Multiple Intelligence Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tunas Nusantara, 5(1), 556–567.
Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10), 179–188.
Al Maqrizi, N. D. (n.d.). Metode Pembelajaran Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Perspektif Multiple Inetelligences. Perpustakaan FITK UIN Jakarta.
Alam, A. A. U., Aziz, J. A., & Han, M. I. (2023). Multiple Intelligences dalam Al-Qur’an serta Implikasinya dalam Pendidikan Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 6(01), 71–106.
Alfatteh, Y. P., Irsal, I. L., & Syahindra, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Math Video Education (MVE) Dalam Pembelajaran Terhadap Kecerdasan Logis Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas VIII. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. 8. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi & Ilmu Ekonomi, 8(1), 2284–2549.
Ambarita, J., & Simanullang, M. P. K. P. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.
Amka, A. (2020). Manajemen Sarana Sekolah Penyelenggara Inklusif. Nizamia Learning Center.
Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir). Penerbit K-Media.
Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12.
Budyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Deepublish.
Cahyo, D. D. (2021). Analisis Konsep Kecerdasan Perspektif Howard Gardner dalam Buku Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) dan Relevansinya dalam Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI). UIN FAS Bengkulu.
Dewi, R. D. L. P., Aslindah, A., Masruhim, M. A., Taufik, M. Z., Rahmatiyah, R., Brantasari, M., Saktisyahputra, S., Hasan, M. N., Mas’ an Al Wahid, S., & Suprayitno, D. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Dewi, R. V. K., Mustaring, D. I., & Sunarsi, D. (2021). Metode Stimulasi Multiple Intellegences Bagi Anak Usia Dini. Cipta Media Nusantara.
Djaelani, A. R. (2013). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20(1), 82–92.
Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah. Menyemai Benih Dharma Perspektif Multidisiplin, 174.
Elfrianto, H., Pd, S., & Lesmana, G. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. umsu press.
Elmarom, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Pai Berbasis Multiple Intelligence Di Smp Al-Hidayah Kabupaten Bogor. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fathoni, A. (2006). Metodelogi penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatimah, S. P., & Muamar, M. R. (2023). Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Peserta Didik. Deepublish.
Hafizah, T., Sari, D. P., Nasution, A. R., & Sutarto, S. (2024).
Neurosains Dan Hubungannya Dengan Multiple Intelligence. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 545–553.
Harfiani, R. (2021a). Manajemen Program Pendidikan Inklusif: Studi Analisis Raudhatul Athfal (Vol. 1). umsu press.
Harfiani, R. (2021b). Multiple Intelligences Approach: Melejitkan Potensi Kecerdasan Anak Usia Dini (Vol. 1). umsu press.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & Aprinawati, I. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2936–2941.
Lubis, M. A. (2020). Perencanaan Pembelajaran Di SD/Mi Dilengkapi Tutorial Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Kencana Jakarta.
Mansur, H. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusif.
Mariana, E. (2018). Konsep Multiple Intelligences Howard Gardner Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Iain Bengkulu.
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Marpaung, J. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kecerdasan majemuk anak. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).
Muhaemin, M. A., & SS, M. P. I. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Penerbit Adab.
Muliani, R. (2022). Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips dan Trik untuk Guru.
Munawaroh, S. (2021). Analisis Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Jambi.
Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Modul Perkuliahan Pdf, Universitas Terbuka.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing.
Pangestuti, T. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui In House Training di SDN Sisir 06 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(3), 516–537.
Pribadi, B. A. (2009). Desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54.
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.
Putra, H. P., & Dewantoro, M. H. (2022). Penerapan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(2), 95–113.
Sari, R. K., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D. A., Rato, K. W., Apriani, E., Wibowo, T. P., & Mardhiyana, D. (2023). Metodologi penelitian pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Seknun, F., & Attamimi, M. A. (2022). Implementasi Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Education and Culture, 2(2), 132–142.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan pembelajaran IPS berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75.
Tumanggor, A., Tambunan, J. R., SE, M. M., & SIMATUPANG, P. (2021). Manajemen Pendidikan. Penerbit K-Media.
Walidin, W., & Mahmud, S. (2023). Peran Kecerdasan Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Modern. IDRIS: InDonesian Journal of Islamic Studies, 1(1), 55–72.
Wiratama, A. K. (2023). Penggunaan Teori Multiple Intelligences dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Dunia Ilmu, 3(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.