PENGEMBANGAN MEDIA KLIPING BEBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
One of the factors that influences the improvement of students' understanding and learning outcomes is the use and development of appropriate learning media by teachers, because the media functions as a tool to deliver teaching materials. Therefore, this study aims to evaluate the validity, practicality, and effectiveness of Canva-based clipping learning media for explanatory text material in grade 6 of elementary school. This study uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation) development model developed by Dick and Carry. The sources of information in this study involved validators and students as research subjects. The results of the development and trial of Canva-based clipping learning media show that this media is very valid overall, practical in its implementation and use, and effective in improving students' abilities in extracting information and presenting explanatory texts. The analysis data shows that student learning outcomes in the skills aspect reached 87.63 and the knowledge aspect reached 90.15. Thus, Canva-based clipping learning media can be a useful alternative for teachers in helping students who have difficulty in learning, especially in understanding and identifying text structures in Indonesian language lessons.
Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa adalah penggunaan serta pengembangan media pembelajaran yang sesuai oleh guru, karena media berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan materi ajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran kliping berbasis Canva untuk materi teks eksplanasi di kelas 6 SD. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Sumber informasi dalam penelitian ini melibatkan validator dan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil pengembangan dan uji coba media pembelajaran kliping berbasis Canva menunjukkan bahwa media ini sangat valid secara keseluruhan, praktis dalam pelaksanaan dan penggunaannya, serta efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekstraksi informasi dan menyajikan teks eksplanasi. Data analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam aspek keterampilan mencapai 87,63 dan aspek pengetahuan mencapai 90,15. Dengan demikian, media pembelajaran kliping berbasis Canva dapat menjadi alternatif yang berguna bagi guru dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran, khususnya dalam memahami dan mengidentifikasi struktur teks pada pelajaran bahasa Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., & ... (2022). Media Pembelajaran. books.google.com.
Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan modul kimia berbasis kontekstual untuk membangun pemahaman konsep siswa pada materi asam basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653.
Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan game kuis interaktif sebagai instrumen evaluasi formatif pada mata kuliah teori musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92–103. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725.
Aritonang, F. D., & Pangaribuan, T. R. (2021). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XII Berbasis Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud. Basastra, 10(2), 131. https://doi.org/10.24114/bss.v10i2.25496.
Artapati, L. W., & Budiningsih, C. A. (2017). Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 185–200. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.13016.
Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan e-Modul matematika HOTS beroerintasi kearifan lokal daerah di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 158–172. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18147.
Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.
Faruq, Muhammad Al dan Sholihah, R. (2020). Konsep Keluarga Sakinah Menurut Muhammad Quraish Shihab. Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1, 4.
Fitri, A., Bahar, M., Azwar, Z., Ediz, M. H., & Yusrial, Y. (2024). Divorce Lawsuit Due to Impotence Perspective Maslahat Theory: Case study of the Andoolo Religious Court Decision, Southeast Sulawesi. El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga, 7(1), 220–236. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ujhk.v7i1.21860.
Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 31–47.
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 59–66. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654.
Irmawati, I., Baktiar, M., & Hutapea, B. (2023). Pemanfaatan E-Modul Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva pada Prodi Pendidikan Matematika dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 145–152. https://doi.org/https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2738.
Ismuhadi, I., Sukartiningsih, W., & Syafruddin, S. (2023). Pengembangan Model Digitalisasi Perangkat Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Pemanfaatan Akun Belajar.Id Pada Drive Bersama. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 34–47. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7438.
Juniati, S. R., Giarini, K. A., Allika, A. N., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Book SAREHAT (Sabar Rendah Hati) sebagai Media Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Tentang Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4363–4370. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5929.
Kurniawati, R., Hermawan, A., & ... (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KLIPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA/MA. Jurnal PENEROKA: Kajian …. https://doi.org/https://doi.org/10.30739/peneroka.v3i1.1907.
Marlena, R., Cahya, M., Iskandar, M. Y., & Yusrial, Y. (2023). Methods for Memorizing the Quran for Higher Education. Ahlussunnah: Journal of Islamic Education, 2(2), 77–82. https://doi.org/https://doi.org/10.58485/jie.v2i2.210.
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589.
Nida, L. S., Sunaengsih, C., & Karlina, D. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Fun Learning pada Materi Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 194–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1755.
Norhayati, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis contextual teaching and learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 19–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i1.4771.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. In Jurnal misykat. core.ac.uk.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.
Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131–149. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149.
Pattimura, S. C., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.286.
Putra, A., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(1), 39. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327.
Rahmah, I. Z. (2023). Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa di UPT SPF SD Negeri Bontoramba Kota Makassar. UNIVERSITAS BOSOWA.
.
Rahman, I., Kaema, M. T., Nurhapipah, N., Nelwati, S., Sabri, A., & Rahmanda, R. (2024). Systematic Literature Review: Analysis of Project-based Learning Models from Elementary to High School. Al-Ashri: Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 53–66.
Rasdiany, A. N., Akmal, F., Pasaleron, R., Dafrizal, D., Ningsih, R., & Rahman, I. (2024). Systematic Literature Review: The Impact of Social Competence on Teacher Communication Intelligence. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(2), 239–251. https://doi.org/https://doi.org/10.34125/jkps.v9i2.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori &Praktek. books.google.com.
Saputra, P. W., & Gunawan, I. G. D. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran digital dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di masa Covid-19. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 86–95. https://doi.org/https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.94.
Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research &development) bagi penyusun tesis dan disertasi. books.google.com.
Sari, D. A., Yusrial, Y., Fadly, A. S., Yumna, Y., Dahliana, D., & Taruddin, T. (2024). PELATIHAN TAHSIN UNTUK MENINGKATKAN DAN MEMPERBAIKI BACAAN AL-QUR’AN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2842–2850. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.23271.
Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490.
Simamora, A. A., & Asri, M. T. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik Kelas X SMA pada Materi Virus. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 339–355. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p339-355.
Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r &d. In Bandung: Alfabeta.
Suharsono, D. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Feature berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Program Jurnalistik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Kiprah, 8(1), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.1968.
Sulistyawati, E., Faizah, L., Nisa, I., & Putra, I. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM Rumah Hidrolik Ditinjau dari Hasil Belajar dan Respon Siswa Terhadap Matematika. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2), 125–138. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.2611.
Wigfield, A., Mason-Singh, A., Ho, A. N., & Guthrie, J. T. (2014). Intervening to improve children’s reading motivation and comprehension: Concept-oriented reading instruction. Advances in Motivation and Achievement, 18, 37–70. https://doi.org/10.1108/S0749-742320140000018001.
Wildan, W. (2017). Pelaksanaan penilaian autentik aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan di sekolah atau madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963.
Refbacks
- There are currently no refbacks.