NILAI-NILAI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA MELALUI CHANEL YOUTUBE KELUARGA ARIF
Abstract
Proses pembelajaran sejarah kebudayaan islam selama ini masih konvensional yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan pengalaman peserta didik terhadap pelajaran sejarah kebudayaan islam. Permasalahan peneliti adalah bagaimana bentuk pemanfaatan YouTube dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi, dan dokumetasi. Hasil penelitian pada faktor pendukung dari pemanfaatan YouTube dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam adalah kebijakan sekolah dalam membuat dan melaksanakan program pembelajaran menggunakan YouTube, kooperatifnya semua pihak untuk membantu kelancaran belajar, ide dan kemauan peserta didik dan pendidik yang saling mendukung untuk berpikir kreatif dan kritis. Faktor penghambatnya dan minimnya kecepatan akses wifi yang disediakan dari sekolah sehingga terkadang mempengaruhi kualitas video yang ditampilkan.
The process of learning Islamic cultural history so far is still conventional, which has an impact on the lack of understanding and experience of students in Islamic cultural history lessons. The problem of the researcher is how to use YouTube in SKI learning. This research is a qualitative research, which was conducted in. Data collection was carried out by conducting interview, observation, and documentation methods. The results of the study on the supporting factors of the use of YouTube in learning Islamic cultural history are school policies in creating and implementing learning programs using YouTube, the cooperation of all parties to help smooth learning, ideas and the willingness of students and educators who support each other to think creatively and critically. The inhibiting factors and the minimal speed of wifi access provided by the school so that sometimes it affects the quality of the videos displayed.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. dkk. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 5 No. 01.
Aidina, dkk. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tayangan YouTube Channel Polisi Motret. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies. Vol. 4., No.1.
Tamburaka, A.. (2013). Literasi Media. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Khusna, A.. (2020) Analisis miskonsepsi siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV materi kalimat thayyibah masya Allah dan subhanallah di MI Darul Ulum Gedongan Waru.” Skripsi. Fak. Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Cahyono, G.. (2019). Pemaanfaatan Media YouTube Dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam Pengembangan Materi Fikih Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal At-Tanbawi. Vol. 4, No.1.
Mariyanto. (2020). Motif Menonton Vlog "Keluarga Beti" Channel YouTube Arif Muhammad Motive to Watch the "Beti Family" Vlog Arif Muhammad's YouTube Channel. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 8 No 2.
Faiqah, F., Nadjib, M., dan Amir, A. S.. (2016). YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 5 No.2.
Firman, Rahman, dan Rahayu. (2020). Pembelajaran Onlinedi Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Science. Vol. 02 No. 02.
Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom: Vol. Vll, No.1.
Sarli, I. J.. (2020). Pemanfaatan media sosial YouTube dalam memperkaya wawasan keislaman siswa man insan cendekia kota kendari. Diss. Iain kendari Jaelani.
Hendra, J., and Laugu, N. (2020). Eksistensi media sosial, YouTube, Instagram dan WhatsApp ditengah pandemi covid-19 dikalangan masyarakat virtual Indonesia. Baitul' Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol 3. No 1.
Zainuddin. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, Vol. 01 No. 01931.
Mahbubi, M. dkk. Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTS Nurul Wahid Alwahyuni Sumberan Besuk Probolinggo. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 5 (2), 120-129.
Mahbubi, M., dan Aini, Z.. (2023). Mengeksplorasi Penggunaan Tiktok Sebagai Sarana Pembelajaran Pengetahuan Islam Kalangan Digital Native. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. 7 (2), 533-532.
Fitri Dan Chairoel, (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Gender Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Benefita. Vol. 4 No. 1.
Muhamad. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Upin Dan Ipin. Fikrah: Journal of Islamic Education. Vol 4. No 1.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4 No. 3.
Emil S., dan Kun X.. (2020). Watching motivates change: Uses and gratifications of streaming video viewers challenge traditional TV research. Convergence. International Journal of Research Into New Media Technologies. 26 (1).
Sutikno, M. Sobry. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.
Wirabumi, R.. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET). Vol. 1 No 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.