Feminisme Radikal Dalam Novel Saman Karya Ayu Utami Dan Potensinya Sebagai Bahan Edukasi Kesetaraan Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan novel saman karya Ayu Utami dalam sudut pandang feminisme radikal dan potensinya sebagai bahan edukasi kesetaraan gender. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang didapat berupa data tertulis berupa kalimat bentuk feminisme radikal dalam novel Saman karya Ayu Utami. Sumber data merupakan objek feminisme radikal dalam bentuk teks yang terdapat dalam novel Saman karya Ayu Utami yang terbit pada tahun 1998 dengan jumlah 206 halaman, pendapat teman sejawat, dan beberapa penelitian mengenai feminisme radikal dan edukasi kesetaraan gender sebagai referensi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang melibatkan catatan, buku, atau dokumen serta pendapat teman sejawat dari angket yang diberikan penulis berkaitan dengan data yang diteliti. Hasil penelitian ini berupa deskripsi gambaran feminisme radikal dalam novel Saman karya Ayu Utami dan potensi penelitian ini sebagai bahan edukasi kesetaraan gender. Dalam penelitian ini menemukan gambaran feminisme radikal yang memuat tiga jenis, yaitu: kekerasan fisik terhadap perempuan, eksploitasi perempuan, dan peran perempuan. Data yang ditemukan lebih mendominasi jenis kekerasan fisik terhadap perempuan. Bahan ajar dalam penelitian ini berbentuk handout yang bertujuan untuk memberikan informasi serta gagasan terkait dengan edukasi kesetaraan gender.
This study aims to describe the novel Saman by Ayu Utami from the perspective of radical feminism and its potential as an educational material for gender equality. This research uses descriptive qualitative research. The data obtained is written data in the form of sentences of radical feminism in the novel Saman by Ayu Utami. The data source is the object of radical feminism in the form of text contained in the novel Saman by Ayu Utami published in 1998 with a total of 206 pages, peer opinions, and several studies on radical feminism and gender equality education as references. Data collection techniques used documentation techniques involving records, books, or documents as well as peer opinions from questionnaires given by the author related to the data under study. The result of this research is a description of radical feminism in the novel Saman by Ayu Utami and the potential of this research as a material for gender equality education. This study found a description of radical feminism that contains three types, namely: physical violence against women, exploitation of women, and the role of women. The data found dominates the type of physical violence against women. The teaching materials in this research are in the form of handouts that aim to provide information and ideas related to gender equality education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasinya. Surakarta: Djiwa Amarta Press.
Aji, E. M. P., & Suyitno, D. N. (2022). Gaya Bahasa Kiasan Pada Novel Sakura Kanazawa Karya Astrida Hara Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan (pertama). Jakarta: Prenada Media Grup.
Arikonto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Edisi revisi, Rineka Cipta: Bandung.
Beauvoir, S. de. (2003). Second Sex. (T. Febriantono, Ed.). Jakarta: Pustaka Promethea.
Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya,(Jakarta: Kencana, 2007), 256.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Djajanegara, S. (2005). Kritik Sastra Feminis sebuah Pengantar. Jakarta: Ikhar Mandiri.
Fakih, M. (2001). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Fitriani, E., & Neviyarni, N. (2022). Kesetaraan Gender dan Pendidikan Humanis. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 51-56.
Khuraerah, R., & Kustanti, D. (2021). Edukasi kesetaraan gender pada remaja perempuan kampung Siderang Legok desa Cintanagara Kecamatan Cigedug. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(79), 147-157.
Mirnayanti, F., Sumiharti, S., & Masni, H. (2021). ASPEK FEMINISME RADIKAL TOKOH DEWI AYU DALAM NOVEL CANTIK IU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 203-214.
Muhardi dan Hasanuddin WS. 2006. Prosedur Analisis Fiksi. Padang: IKIP Padang Press.
Munanto, S., & Rahima, A. (2020). Watak Tokoh Protagonis dalam Novel Perang Karya I Gusti Ngurah Putu.
MUNTE, L. A. (2022). ANALISIS FEMINISME RADIKAL NOVEL “PERAWAN REMAJA DALAM CENGKRAMAN MILITER “KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER.
Mus, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Feminisme Radikal Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(1).
Moleong, Lexy J. .2018. “Metodology Penelitian Kualitatif”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Poerwandari, E. Kristi. 2000. Kekerasan terhadap Perempuan: Tinjauan Psikologi Feministik. Dalam Achie Sudiarti Luhulima (Ed.) Pemahaman Bentuk-Bentuk Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Alternatif Pemecahannya (11-50). Jakarta: ALUMNI.
Sufanti, Main. dkk. (2023). Materi Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Sufiarti, (2007), Laporan Penelitian Persepsi Perempuan Berkarir Di Lingkungan UPI Tentang Konsep Kesetaraan Gender, Jurnal, Jakarta.
Sugihastuti dan Itsna Hadi S. 2010. Gender dan Inferioritas Perempuan (Praktik Sastra Feminis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugihastuti dan Suharto. 2016. Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.