ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHAT
Abstract
This study aims to describe the ability to write news texts of class VIII students of SMP Negeri 1 Lahat. This study uses a quantitative method because the research data is in the form of numbers and analysis using statistics. Data were collected through interviews, samples, student worksheets that were collected and conclusions were drawn so that they could be more easily understood by researchers or others. The author's results state that the value of the ability to write news texts of class VIII students of SMP Negeri 1 Lahat is at the capable level. Overall, students have been able to develop elements of news texts, news structures and language rules of news texts. However, students must continue to improve their ability to write news texts.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lahat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Data dikumpulkan melalui hasil wawancara, sampel, lembar kerja siswa yang dikumpulkan dan diambil kesimpulannya agar dapat lebih mudah dipahami oleh peneliti ataupun orang lain. Hasil penulis menyatakan bahwa nilai kemampuan menulis teks berita peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lahat berada pada tingkat mampu. secara keseluruhan peserta didik sudah mampu dalam mengembangkan unsur-unsur teks berita, struktur berita dan kaidah kebahasaan teks berita. Walaupun demikian, peserta didik harus tetap meningkatkan kemampuan menulis teks berita yang dimiliki.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ALbbals, S. (2006). Pembelaljalraln balhalsal Indonesial yalng efektif di sekolalh dalsalr. Jalkalrtal: Depalrtemen Pendidikaln Nalsional.
ALbidin, Yunus. (2009). Keteralmpilaln Menulis daln BerbicalralALkaldemik Pengalntalr Maltal Kulialh Pengembalngaln Kepribaldialn: Balhalsal Indonesial. Penerbit Rizqi Press. Balndung.
ALrikunto, Suhalrsimi. (2018). Malnaljemen Penelitialn. Jalkalrtal:RinekalCiptal.
Dallmaln. (2015). Menulis kalryal ilmialh. Raljalgralfindo Persaldal.
Dalsopalng, M. D. (2017). Belaljalr daln pembelaljalraln. Fitralh: Jurnall Kaljialn Ilmu-ilmu Keislalmaln, 3(2), 333-352.
Emalwalti. (2018). Pendekaltaln Salstral (Beorientalsi Paldal Teks, Pengalralng, Pembalcal daln Konteks. Galrudhalwalcal.
Elvial, AL. (2022). Kemalmpualn Menulis Teks Berital siswal Kelals VIII SMPN 06 Kotal Bengkulu. Jurnall Ilmialh KORPUS, 6(2), 173–181.
Ecip, S., Salstro, Y., Sudalrjalt, E., & Sallalm, I. AL. (2017). Teknik Mencalri daln Menulis Berital. Talnggeralng Selaltaln: CV Kalryal Indonesial.
Halrdiyalnto, F. E. (2020). Model penilalialn produktif maltalkulialh menulis berbalsis nilali humalnis. Jurnall Pendidikaln Balhalsal daln Salstral Indonesial, 9(1), 66-70.
Halmallik, Oemalr. (2001). Proses Belaljalr mengaljalr. Jalkalrtal: PT Bumi ALksalral.
Halmdalni. (2013). Straltegi Belaljalr Mengaljalr. Balndung: CV Pustalkal Setial.
Inggal, AL. P. (2021). Korelalsi Pengualsalaln Kosalkaltal Bidalng Lingkungaln Hidup daln Keteralmpilaln Menulis Teks Berital Siswal Kelals VIII SMP Negeri 2 Lengalyalng. Jurnall Pendidikaln Balhalsal daln SalstralIndonesial UNP, 10(4), 7-12.
Kosalsih, E., & Kurnialwaln, E. (2019). Jenis-jenis teks. Yralmal.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitialn Kuallitaltif. Rosdalkalryal.
Nurgiyalntoro, B. (2001). Penilalialn dallalm pengaljalraln balhalsaldaln salstral. (No Title).
Praltiwi, N. W. E. S. (2018). Kemalmpualn siswal kelals VIII B SMP Negeri 1 Torue dallalm menulis teks berital. In Jurnall Balhalsal daln Salstral (Vol. 3, Issue 4).
Romli, AsepS. M.(2009). Jurnalistik Praktis.Remaja Rosda Karya. Bandung.
Salralgih, AL. (2019). Pembelajaran bahasa berbasis teks dalam kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 14(2), 197–214.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. ALFALBETA. Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, daln R&D.
Sugiyono, S. (2018). Metode penelitialn kualntitaltif. ALlfalbetal.
Suherli, D. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Suparno, Y. M. (2002). Keterampilan Dasar menulis. Universitas Terbuka. Jakarta.
Sri, Maryani, et al.(2013). "Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 4 Soromadi Kabupaten Bima NTB." Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, vol. 2.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Angkasa Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.