PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS NURUL IMAN BLITAR
Abstract
The aim of this research is to produce learning media in the form of animated videos that are valid and suitable for use. This research is Borg & Gall Research and Development (R&D) using interview and questionnaire techniques. The limitation of this research lies in the use of only one main material or one Basic Competency, so it cannot be used in the subsequent learning process. The subjects of this research were 21 class VII students at MTs Nurul Iman Blitar. The learning animation video development process consists of (1) Needs analysis, (2) Product design, (3) Product testing and (4) Product revision. This research found that animated learning videos were declared valid in three aspects, namely media aspects (90%), material aspects (91%) and teacher validation (96%). Based on the product satisfaction questionnaire given to students, this learning animation video obtained a satisfaction percentage of 95% so that this product was declared very suitable for use as a learning medium. It is hoped that the development of this animated video can be developed with new thoughts and ideas by future researchers and can become a reference for teachers in choosing appropriate learning media that suits the students' character.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk video animasi yang valid dan layak untuk digunakan. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) Borg & Gall dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Batasan penelitian ini terletak pada penggunaan satu materi pokok atau satu Kompetensi Dasar saja, sehingga tidak bisa digunakan dalam proses pembelajaran selanjutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Iman Blitar sejumlah 21 siswa. Proses pengembangan video animasi pembelajaran terdiri dari (1) Analisis kebutuhan, (2) Perancangan produk, (3) Uji coba produk dan (4) Revisis produk. Penelitian ini menemukan bahwa video animasi pembelajaran dinyatakan valid dalam tiga aspek, yaitu aspek media (90%), aspek materi (91%) dan validasi guru ajar (96%). Berdasarkan kuesioner kepuasan produk yang diberikan kepada siswa, video animasi pembelajaran ini memeproleh presentase kepuasan sebesar 95% sehingga produk ini dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pengembangan video animasi ini diharapkan dapat dikembangkan dengan gagasan dan ide-ide baru oleh para peneliti selanjutnya serta dapat menjadi referensi bagi guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakter peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Borg, W.R & Gall, M.D. (2003). Educational Research: an Introduction (7.ed). New York: Longman Inc.
Cahyani, N.M. D dkk. (2022). Pemanfaatan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Melaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 12(4), 417-426.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 6(2), 97-102.
Habib, M., Hajar, I., & Setiawan, D. (2019). Media Development Of Video Learning In The Social Discussion Of Social Problems In Social Science (IPS) Lesson Of Class IV In Public Elementary School (SDN) Tanjungbalai Academic Year 2018-2019. Budapest International Research And Critics In Linguistics And Education (Birle) Journal. 2(3), 223-236.
Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110.
Novitasari, D. D. (2020). Penerapan Media Animasi dalam Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 10 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rahmayanti, Laily. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. JPGSD. 6(4). 429-439.
Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suranto, A. (2019). Problematika Guru dalam Menerapkan Media Video pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah. Jurnal Prima Edukasia.
Tenia, K., Punadji, S., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi untuk PAUD. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 1(1), 30-38.
Widiyasanti, Margareta. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter. 9(1).
Wuryanti, Umi. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter.
Refbacks
- There are currently no refbacks.