Konjungsi dalam Teks Pidato Karya Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 19 Bandar Lampung

Siska Meirita, S.Pd., M.Pd., Muharsyam Dwi Anantama, Rahmat Prayogi

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah konjungsi dalam teks pidato karya peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konjungsi dalam teks pidato persuasif karya peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah konjungsi. Bentuk konjungsi yang dianalisis meliputi konjungsi koordinatif, subordinatif, korelatif, dan antarkalimat. Sumber data penelitian ini adalah teks pidato persuasif karya peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Ajaran 2022/2023. Teks pidato persuasif yang diteliti diambil dari separuh peserta kelas dengan jumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes. Setelah data terkumpul, data diidentifikasi sesuai jenis konjungsi. Kemudian, dianalisis ketepatan dan ketidaktepatan penggunaan konjungsinya. Berdasarkan hasil analisis data penelitian mengenai konjungsi dalam teks pidato persuasif peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Bandarlampung, ditemukan 232 penggunaan konjungsi dengan persentase ketepatan 83,2% dan ketidaktepatan 16,8%.

 

The problem in this research is conjunctions in speech texts written by class IX students at SMP Negeri 19 Bandarlampung for the 2022/2023 academic year. This research aims to describe conjunctions in persuasive speech texts by class IX students at SMP Negeri 19 Bandarlampung for the 2022/2023 academic year. This research was designed using a qualitative approach with descriptive research methods. This research data is a conjunction. The forms of conjunction analyzed include coordinating, subordinating, correlative and intersentential conjunctions. The data source for this research is the text of a persuasive speech by class IX students at SMP Negeri 19 Bandarlampung for the 2022/2023 academic year. The persuasive speech texts studied were taken from half of the class participants with a total of 40 students. The data collection technique for this research uses test techniques. After the data is collected, the data is identified according to the type of conjunction. Then, analyze the appropriateness and inappropriateness of the use of conjunctions. Based on the results of analysis of research data regarding conjunctions in persuasive speech texts for class IX students at SMP Negeri 19 Bandarlampung, 232 uses of conjunctions were found with a percentage of accuracy of 83.2% and inaccuracy of 16.8%.

Keywords: Analysis, Conjunction, Speech.


Keywords


Analysis, Conjunction, Speech

Full Text:

PDF

References


Aqobah, F. L. (2022). Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial pada Media Massa Daring Media Indonesia Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Editorial di SMA Kelas XII. Universitas Siliwangi.

Darim, A. B. U. (2020). Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 22 Surabaya dalam Menggunakan Konjungsi pada Teks Editorial Melalui Teknik Penugasan. Widyaloka, 7(2), 221–232.

Dhari, P. W., Anggraini, H., & Nasution, M. K. (2022). Peran Guru Kelas dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas Rendah. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(1), 43–51.

Fadilla, I. (2023). Analisis Penggunaan Kalimat Pada Buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka. SNHRP, 5, 1304–1312.

Fatmawaty, F. (2023). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 35–46.

Jihad, S., & Suaeb, M. (2018). Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pelajaran mufrodat kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 17(1), 96–118.

Lestari, R. F. (2019). Kohesi dan koherensi paragraf dalam karangan narasi mahasiswa teknik angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(1), 73–82.

Mandia, I. N. (2017). Kohesi dan Koherensi Sebagai Dasar Pembentukan Wacana yang Utuh. Soshum: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(2), 175–188.

Ningrum, D. F., Hasanudin, C., & Setiyono, J. (2021). Analisis Bentuk Konjungsi pada Novel Berguru pada Kelana Karya Anisa Prem dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya), 1(1), 122–131.

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102–114.

Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, (2022).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.pdf. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Tara, F., & M, N. A. W. (2019). Penggunaan Konjungsi Koordinatif dalam Berita Editorial Surat Kabar Tribun Jambi Bulan Januari 2019. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 38–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 

https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pages/demo/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pages/thai/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/js/kambox/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zthai/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/ztoto/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zmax/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zbonus/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/qrisx/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/bonusx/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pulsax/