LITERATUR RIVIEW: PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA BAHASA INDONESIA
Abstract
Currently the use of technology has developed a lot, for example learning media in various educational institutions. Augmented reality is a concept consisting of forms that have been developed and implemented in the scope of learning. Thus, the use and use of augmented reality as a medium in learning media can provide a new innovation for the development of learning media. Augmented reality users are not only using real objects, but also using virtual objects as information delivery. This writing aims to utilize augmented reality in learning, especially in Indonesian language news text material which is based on research literature studies in the field studied.
Saat ini penggunaan teknologi sudah banyak berkembang, misalnya media pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan. Augmented reality adalah suatu konsep yang terdiri atas bentuk yang telah dikembangkan serta dilaksanakan pada ruang lingkup pembelajaran. Sehingga, penggunaan dan juga penggunaan augmented reality sebagai salah satu wadah dalam media pembelajaran dapat memberikan sebuah inovasi baru terhadap pengembangan media pembelajaran. Pemanfaat augmented reality juga bukan hanya menggunakan objek asli, melainkan menggunakan objek dalam bentuk maya sebagai penyampaian informasi. Penulisan ini bertujuan sebagai pemanfaatan augmented reality pada pembelajaran khususnya pada materi teks berita bahasa Indonesia yang berdasar pada kajian literatur penelitian pada bidang yang dikaji.
Keywords: Augmented reality, Learning. Language Indonesia.
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.05
Full Text:
PDFReferences
Fauzan, A., Muriyatmoko, D., & ... (2020). Penerapan teknologi augmented reality pada media pembelajaran bahasa arab: durus al-lughah jilid 1. ... SchoolEducation .... http://repo.unida.gontor.ac.id/179/
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59-72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Hartono, R., Liliana, L., & Yulia, Y. (2016). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Hewan. Jurnal Infra. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/4516
Hidayat, A., & Mujahiduddien, A. (2017). Pembelajaran bentuk sendi tulang manusia menggunakan konsep augmented reality. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/191
Putri, W. M., Bakri, F., & Permana, A. H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia augmented reality pada pokok bahasan alat optik. Prosiding Seminar Nasional. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/3954
Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Cakrawala Pendidikan. https://www.neliti.com/publications/77736/pengembangan-augmented- reality-versi-android-sebagai-media-pembelajaran-sistem-e
Susanto, E. S., Hamdani, F., Nuryansah, F., & ... (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI SMART-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK BERBASIS AR (AUGMENTED REALITY). Mnemonic: Jurnal. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/mnemonic/article/view/4438
Refbacks
- There are currently no refbacks.