STUDI LITERATUR: PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
Abstract
The use of cartoon media as a learning tool in the text of observation reports is the subject of this study. The purpose of this study is to find out if and how well animated media can be used to learn observation report text. This study employs a qualitative literature review as its methodology. Information/data sources and information/data sorting techniques in writing concentrate on research taken from bibliographical information, peruse, record, and handle research material from various understanding materials, including articles, diaries, course readings, and other exploratory results that relating to the subject of this study. Content analysis was used to examine the collected data. Based on this study's findings, it appears that using cartoon-based learning materials in the observation report's text is both feasible and effective as a learning tool, particularly for LHO text material. Additionally, the utilization of this media significantly improves LHO text learning.
Pemanfaatan media kartun sebagai media pembelajaran dalam teks laporan hasil observasi menjadi pokok bahasan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dan seberapa baik (layak dan efektif) media animasi Powtoon dapat digunakan untuk mempelajari teks laporan hasil observasi. Studi ini menggunakan tinjauan pustaka kualitatif atau studi literatur sebagai metodologinya. Sumber informasi/data dan teknik pemilahan informasi/data dalam tulisan berkonsentrasi pada penelitian yang diambil dari informasi kepustakaan, membaca dengan teliti, mencatat, dan menangani bahan penelitian dari berbagai bahan pemahaman, termasuk artikel, buku harian, bacaan kursus, dan hasil eksplorasi lainnya yang berkaitan dengan subjek penelitian ini. Data yang didapat diperiksa dengan menggunakan analisis isi. Berdasarkan temuan penelitian ini, penggunaan bahan ajar berbasis kartun Powtoon dalam teks laporan hasil observasi sangat memungkinkan dan sangat efektif sebagai sarana pembelajaran, khususnya untuk bahan teks LHO. Selain itu, penggunaan media ini juga memiliki pengaruh yang signifikan positif dalam pembelajaran teks LHO.
Keywords: learning media, powtoon, LHO text
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.04
Full Text:
PDFReferences
Alkarima, O., Sumarwati, S., & Suryanto, E. (2022). Muatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. GERAM, 10(1), 55–67.
Devi, W. S., Fadly, A., & Kartikasari, R. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Di Kota Sukabumi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–168.
Dewi, R., Widodo, M., & Prasetya, R. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA. Jurnal Kata, 1–8.
Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77.
Fitriani, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Murtiyastuti, K. Y. (2022). Pengaruh Media Powtoon dalam Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 1 Krembung. Journal of Educatioan and Learning Siences, 02(01), 136–148.
Rochmiyati, S. (2022). Efektivitas Pengembangan Media Audiovisual Powtoon dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Menengah Kejuruan. Ligua Rima, 11(3), 1–8.
Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2021). Ragam media pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.
Saragih, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks dalam Kurikulum 2013. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 14(2), 197–214.
Refbacks
- There are currently no refbacks.