PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ISPRING SUITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA: LITERATURE REVIEW
Abstract
One of the software that can be used in learning is iSpring Suite. This papers presents a literature review on the use of iSpring Suite as a learning media. The literature was taken from Google Scholar and filtered through Publish or Perish using the keyword “media pembelajaran bahasa berbasis iSpring Suite”. Journal articles that are used as references are published in the year range of 2017-2022. The results of the literature screening selected 7 journal articles that match certain criteria. The results of a review of journal articles show that iSpring Suite has been widely used and developed as a learning media and suitable for all levels of education. Therefore, iSpring Suite can be used as an option for the use and development of learning media to increase the motivation and learning outcomes of students.
Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pembelajaran ialah iSpring Suite. Literature review ini menyajikan tinjauan pustaka tentang pemanfaatan iSpring Suite sebagai media pembelajaran. Literatur diambil dari Google Scholar dan penjaringan melalui Publish or Perish dengan menggunakan kata kunci “media pembelajaran bahasa berbasis iSpring Suite”. Artikel jurnal yang dijadikan referensi yaitu diterbitkan pada rentang tahun 2017-2022. Hasil skrining literatur tersebut terpilih 7 artikel jurnal yang sesuai kriteria tertentu. Hasil review artikel jurnal menunjukkan bahwa iSpring Suite telah banyak dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai media pembelajaran dan tepat digunakan dalam segala jenjang pendidikan. Oleh karena itu, iSpring Suite dapat dijadikan pilihan pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Keywords: ispring suite, learning media, literature review
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.02
Full Text:
PDFReferences
Afidah, N., & Wulandari, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis iSpring pada Materi Analytical Exposition Text. Journal of Education and Management Studies, 4(3), 45–54.
Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and Development, 8(2), 381–389.
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177–190.
Hanum, I., Umar, A., & Hutagalung, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Mata Kuliah Pragmatik pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 11(3), 98–104.
Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan iSpring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. JTEP: Jurnal Teknologi Dan Pembelajaran, 3(1), 451–461.
Kurniasari, D. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Presenter Pada Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 1 Tulungagung. Jurnal Ilmiah NOSI, 5(1), 57–69.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90.
Noer, J., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2017). Penggunaan Program Ispring 7.0 dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 1–12.
Qomariyah, I. N., & Mistianah. (2021). Pengembangan Media iSpring Suite 8 dengan Model Think pada Mata Kuliah Genetika. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 108–113.
Rhomadhoni, C. S., & Sulaikho, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android Pada Kisah Nabi Ibrahim. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 1–17.
Sakti, A. A. (2020). Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 8.0 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. (Sripsi). Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Sakti, G., & Sulung, N. (2020). Analisis Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19 (Literatur Review). Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 5(3), 496–513.
Setyawan, A., Syarifudin, A. S., & Akrom, R. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Hikayat berbasis iSpring untuk Siswa Kelas X SMA. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 5(2), 142–159.
Refbacks
- There are currently no refbacks.