GAYA BAHASA PADA NOVEL MILEA SUARA DARI DILAN KARYA PIDI BAIQ DAN IMPLIKASINYA DI SMA
Abstract
This study aims to describe rhetorical language style and figurative language style in the novel Milea Suara dari Dilan by Pidi Baiq and its learning design. The research method used is descriptive qualitative. The data analyzed are words, phrases, clauses, or sentences containing rhetorical language styles and figurative language. The results showed that in the novel Milea Suara dari Dilan by Pidi Baiq, 56 data were found consisting of 32 rhetorical language style data including alliteration, asonance, anastroph, apostroph, asindenton, ellipsis, pleonasm, tautology, perifrasis, erotesis, correction, hyperbole, paradox, and oxymorone. 24 figurative language style data that include equations, metaphors, personifications, eponyms, epithets, synectdokes, cynicisms, sarcasm, and inuendo. Based on this research, researchers compiled a literature learning design for students of class XII even semester with KD 3.9 Analyzing the content and language of the novel.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan dalam novel Milea Suara dari Dilan karya Pidi Baiq dan rancangan pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah kata, frasa, klausa, atau kalimat yang mengandung gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Milea Suara dari Dilan karya Pidi Baiq ditemukan 56 data yang terdiri atas 32 data gaya bahasa retoris meliputi aliterasi, asonansi, anastrof, apostrof, asindenton, elipsis, pleonasme, tautologi, perifrasis, erotesis, koreksio, hiperbola, paradoks, dan oksimoron. 24 data gaya bahasa kiasan yang meliputi persamaan, metafora, personifikasi, eponim, epitet, sinekdoke, sinisme, sarkasme, dan inuendo. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti menyusun rancangan pembelajaran sastra untuk peserta didik kelas XII semester genap dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel.
Keywords: language style, novel, learning design
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v9i2.2021.5
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. R. (2010). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-Nilai Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. (Skripsi). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Arsyad, S. L. (2020). Analisis Gaya Bahasa pada Novel “Layla dan Majnun” Karya Syekh Nizami Ganjavi. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Asnani. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Novel Dia Adalah Dilanku 1990 Karya Pidi Baiq. Jurnal Bahasa dan Sastra. Universitas Tadulako. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12750
Astuti, R. D. (2015). Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Grup Soneta dalam Album Emansipasi Wanita. Pesona: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia. STKIP Muhammadiyah Pringsewu. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/pesona/article/download/110/54
Baiq, P. (2018). Milea: Suara dari Dilan. Pastel Books. Bandung.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Other Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Negeri Semarang. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/19597/9507
Harmin. (2020). Nilai Moral dalam Novel Milea, Suara dari Dilan Karya Pidi Baiq. Jurnal Bahasa dan Sastra. Universitas Halu Oleo. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/download/13809/9652
Keraf, G. (2016). Diksi dan Gaya Bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Khusnin, M. (2012). Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Ahirazy dan Implementasinya terhadap Pengajaran Sastra di SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Semarang. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/121/112
Kurniastuti, D. (2016). Analisis Gaya Bahasa pada Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Purworejo. Purworejo.
Lalanissa, A. R. dan K. N. (2017). Gaya Bahasa Kiasan dalam Kumpulan Cerpen Juragan Haji dan Kelayakannya di SMA. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. Universitas Lampung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/download/12205/8732
Nababan, V. D. (2021). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/2857/2456
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Priyatni, E. T. (2017). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Rahman, F. dan P. A. (2015). Analisis Lirik Lagu dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Gaya Bahasa serta Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Universitas Indraprasta PGRI. https://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/8/2
Safitri, P. (2019). Perilaku Tokoh Dilan dalam Novel Trilogi Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea Karya Pidi Baiq (Kajian Psikologi Sastra). (Tesis). Universitas Diponegoro. Semarang.
Sarvika, M. A. (2016). Novel Milea Sudah Ada di Gramedia. Tribunnewsbogor.com. Soewidia Henaldi. https://bogor.tribunnews.com/2016/09/05/hai-girl-novel-milea-sudah-ada-loh-di-gramedia
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Tarigan, H. G. (2015). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. CV Angkasa. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.