PENGEMBANGAN MATERI MENULIS TEKS BERITA BERBASIS KARYA WISATA UNTUK SISWA SMP
Abstract
Aim of this research is developing learning module for writing text-based news on tourism works and teach their feasibility in learning write news texts based on tourism work for junior high school students. This research uses development through the Borg and Gall model. The procedures in this research are (1) preliminary research, (2) module development material, and (3) product or module results. Data sources in the field trials were carried out in three schools, SMP Ngaras 1, SMP Negeri 2 Ngaras, and SMP Negeri 3 Bengkunat Belimbing. Data analysis techniques was carried out in a qualitative way. The results of this research can conclude "Writing Text News Module Based on the Process Based on Tourism Work Approaches" was declared appropriate for use by SMP students. The feasibility of the results of the trials average of 90.4% with the following: the answers by the teacher 95% and students (85.8%).
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran menulis teks berita berbasis karya wisata dan menguji kelayakannya dalam pembelajaran menulis teks berita berbasis karya wisata untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan pengembangan melalui model Borg dan Gall. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) penelitian pendahuluan, (2) pengembangan materi modul, dan (3) produk atau hasil modul. Sumber data pada uji coba lapangan dilakukan di tiga sekolah, yakni di SMP Negeri 1 Ngaras, SMP Negeri 2 Ngaras, dan SMP Negeri 3 Bengkunat Belimbing. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kualitatif. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan “Modul Menulis Teks Berita Berdasarkan Pendekatan Proses Berbasis Karya Wisata” dinyatakan layak digunakan oleh siswa SMP. Kelayakan hasil uji coba, baik uji coba terbatas maupun uji coba luas didapat rerata 90,4% dengan rincian: penilaian oleh guru sebesar 95% dan siswa sebesar (85,8%).
Kata kunci: pengembangan, modul, karya wisata.
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v8i1.2020.05
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Daryanto dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikna. 2010. Strategi Belajar Mangajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan konsep Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung: Alfabeta.
Universitas Lampung. 2012. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Widodo, C. Dan Jasmadi. 2008. Buku panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.