E-Modul Membaca Teks Eksposisi Melalui SQ3R Menggunakan Aplikasi Android Untuk Siswa SMA
Abstract
Keterbatasan bahan ajar menyebabkan kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang lebih menarik sebab guru selalu menggunakan buku teks. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar multimedia interaktif berupa modul elektronik (e-Modul), mendeskripsikan kelayakan, dan menguji efektivitas e-Modul membaca teks eksposisi melalui SQ3R. Metode penelitian model DDD-E, yaitu Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan 1) berhasil dikembangkan bahan ajar multimedia interaktif berupa “e-Modul membaca teks eksposisi melalui SQ3R menggunakan aplikasi android”, 2) kelayakan e-Modul secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan presentasi penilaian 93, 95, dan 95.75, 3) e-Modul cukup efektif meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi dengan N-Gain sebesar (0,68), (0,67), dan (0,67) termasuk dalam kategori “cukup efektif”.
Kata kunci: e-modul, teks eksposisi, aplikasi android
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v8i1.2020.01
Full Text:
PDFReferences
Atiqah, A., Maleque, M. A., Jawaid, M., Iqbal, M. (2014). Development of Kenaf-Glass Reinforced Unsaturated Polyester Hybrid Composite for Structural Applications. Composite Part B Vol. 56 pp 68-73.
Gunadharma, Ananda. 2011. Pengembangan Modul Elektronik sebagai Sumber Belajar untuk Mata Kuliah Multimedia Design (Skripsi). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Keraf. 1980. Eksposisi dan Deskripsi. Bandung: Nusa Indah.
Kim, D. H., & Huynh, H. (2007). Comparability of computer and paper-and-pencil versions of Algebra and Biology assessments. Journal of Technology, Learning, and Assessment. 6 (4), 1-35.
Marwanta, Andi. 2018. Pengembangan Bahan ajar Bahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Android pada Materi Paragraf Deskripsi untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wedi Klaten (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Mojarrad, Hamid & Hemmati, Mohsen. 2013. Computer-Based Assessment (CBA) VS. Paper/Pencil-Based Assessment (PPBA): An Investigation Into The Performance and Attitude of Iranian Efl Learners’ Reading Comprehension. Volume 4 (4), 418-428.
Panyahuti. 2018. Membangun Ujian Online Berbasis Mobile (Android) & Komputer untuk SMK/SMA/ SMP.
Permendikbud. 2018. Permendikbud No. 36 Tahun 2018 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Riadi, Bambang. 2015. Kemampuan membaca kritis dengan Menggunakan Teknik SQ3R Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Skripsi). Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Setyawan dan Syaifudin. 2017. Pengembangan Media Keterampilan Membaca Puisi Berbasis Android Bagi Siswa Gaya Belajar Auditoris pada Jenjang SMA (Tesis). Semarang: UNNES.
Sitepu, B. P. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.