Pengembangan LKPD Menulis Cerita Fantasi Dengan Project Based Learning Untuk Siswa SMP
Abstract
The problem of this research deals with the development of LKPD writing fantasy story through Project Based Learning. The objectives of the research are to produce LKPD, describe the properness, and examine the effectiveness of “LKPD writing fantasy story through Project Based Learning”. The researcher applied seven of the ten steps in the research according to Borg and Gall. The data collections technique were observations, interview, and questionnaire conducted in three schools. This study shows 3 points the result 1) LKPD in the form of Writing Fantasy Story through PBL was successful”, 2) the properness of the entire LKPD was declared “very good” by the material experts, media experts, and practitioners with a percentage rating 91.25, 90, and 96.75, 3) LKPD effectively improved the ability to write fantasy story with value N-gain of (0,74) in high category, and (0,55), (0,65) in medium category.
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan LKPD menulis cerita fantasi dengan Project Based Learning. Tujuan penelitian yakni menghasilkan produk LKPD, mendeskripsikan kelayakan, dan menguji efektivitas “LKPD Menulis Cerita Fantasi dengan Project Based Learning”. Metode penelitian menggunakan tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Teknis pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan 1) berhasil dikembangkan “LKPD Menulis Cerita Fantasi dengan Project Based Learning”, 2) kelayakan LKPD secara keseluruhan dinyatakan “sangat baik” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan persentase penilaian 91.25, 90, dan 96.75, 3) LKPD efektif meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi nilai N-gain sebesar (0,74) termasuk kategori tinggi, nilai N-gain (0,55), dan (0,65) termasuk kategori sedang.
Kata kunci: cerita fantasi, LKPD, project based learning
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Abidin, Yunus. 2016. Desain Pembelajaran dalam Kontekas Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawal Press.
Borg and Gall. 1989.Educational Research and Introduction. New York: Longman.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Dimyati. 2017. Menulis Teks Fantasi Untuk Anak Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang.
Hosnan, Muhammad. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Laila, Izatul. 2018. Pengembangan Media Buku Permainan Labirin Fantasi (Buperlafa) dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Berbasis Psychowriting Kelas VII SMP Negeri 1 Cerme, Gresik”. Vol. 5 No. 2. Universitas Negeri Surabaya. Diunduh 10 April 2018.
Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo. Andi. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sundyana. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 1 Tumijajar Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis: FKIP Unila. Diakses 25 Januari 2019.
Susanti, Maria. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Project Based Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Pesawaran Tahun Pelajaran 2015/2016. FKIP Unila. Diakses 25 Januari 2019.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.