Tindak Ilokusi Anak Delapan Tahun dan Pengembangannya Sebagai Bahan Ajar Analisis Wacana

Sulistiawati Sulistiawati, Edi Suyanto, Nurlaksana Eko Rusminto

Abstract


 

This study aims to describe the illocutionary acts of eight-year-old child and it’s development as teaching materials for Discourse Analysis Course in higher education. The method used in this study was a descriptive qualitative method. The data sources in this study are the speeches of an eight-year-old child named Elmira Nisa Maharatu. The results show that illocutionary acts on the utterances of eight-year-olds were assertive, directive, commissive, and expressive. Illocutionary acts that dominate the speech were assertive illocutionary acts of expressing. Meanwhile, the speech modes used were literal direct mode, literal indirect mode, and indirect literal mode. Accordingly, the results of this study can be used as teaching materials in the Discourse Analysis Course.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak ilokusi anak usia delapan tahun dan pengembangannya sebagai bahan ajar mata kuliah Analisis Wacana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan anak berusia delapan tahun bernama Elmira Nisa Maharatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak ilokusi pada tuturan anak usia delapan tahun adalah ilokusi asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Tindak ilokusi yang mendominasi tuturan anak usia delapan tahun adalah ilokusi asertif menyatakan. Modus tuturan yang digunakan oleh anak usia delapan tahun adalah modus langsung literal, modus tidak langsung literal, dan modus langsung tidak literal. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah Analisis Wacana.

 

Kata kunci: tindak ilokusi, anak delapan tahun, bahan ajar

 


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa:Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Leech, Geoffrey. 1983. The Principles of Pragmatic. Longman. Terjemahan oleh M.D.D. Oka. 2011. Prinsip-prinsip Pragmatik.Jakarta: UI.Press.

Nadar, FX. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakata: Graha Ilmu.

Rani, Abdul dkk. 2004. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Sudaryanto. 1992. Metode Linguistik, ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

______.1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Wijana, I Dewa dan Rohmadi, Muhammad. 2010. Analisis Wacana Pragmatik. Kajian Teori dan Analisis.Surakarta: Yuma Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 

https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pages/demo/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pages/thai/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/js/kambox/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zthai/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/ztoto/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zmax/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zbonus/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/qrisx/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/bonusx/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pulsax/