Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write

Rudi Hermawan, Nurlaksana Eko Rusminto, Edi Suyanto

Abstract


The problem is low ability to write news texts of Class VIII of SMP N 16 Pesawaran on 2017/2018. The study aims (1) the learning plan, (2) the learning implementation, (3) the learning assessment and (4) improving learning through TTW model writing news texts. The results showed (1) the learning plan by TTW model in first cycle, RPP assessment results amounted 70.83 and second cycle 87.50 the category was very good; (2) learning implementation, the first cycle results process assessment 72.28 and the second cycle 87.78 the category is very good; (3) results of write ability news texts through TTW model can improve student learning, the first cycle obtained an average value of 71.83 and the second cycle obtained an average score of 87.17 with complete category; (4) learning activities, learning planning, learning implementation, and learning assessment resulted a significant increase.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Pesawaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran dan (4) peningkatan pembelajaran melalui model pembelajaran Think Talk Write menulis teks berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rencana  pembelajaran melalui model pembelajaran Think Talk Write pada siklus I, hasil nilai RPP sebesar  70,83 dan siklus II 87,50 kategori amat baik; (2) pelaksanaan pembelajaran, siklus I hasil penilaian proses  72,28 dan siklus II 87,78 kategori sangat baik; (3) hasil kemampuan menulis teks berita melalui model pembelajaran Think Talk Write  dapat meningkatkan hasil belajar siswa, siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,83 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 87,17dengan kategori tuntas; (4) kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran  dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Kata kunci: think talk write, teks berita, hasil belajar.






Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti dkk.1998. Menulis I. Universitas Terbuka, Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajagrafindo Per-sada,

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar,

Rezaliah, Hasan Al Huda. 2013. Makalah Model Pembelajaran Tipe Think-Talk-Write (TTW). http://rezaliah.blogspot.com.

Setiani, Ani dan Priansa, Donni Juni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung:Alfa-beta,

Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 

https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pages/demo/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pages/thai/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/js/kambox/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zthai/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/ztoto/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zmax/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/store/zbonus/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/qrisx/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/bonusx/ https://jurnal.fkip.unila.ac.id/pulsax/