PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran materi teks hasil observasi melalui model problem based learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan, pembelajaran materi teks hasil observasi melalui model problem based learning pada siklus II berdasarkan aspek penyusunan RPP telah disusun sangat baik, aspek pelaksanaan pembelajaran telah mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik, dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta pembelajaran menulis teks hasil observasi mengalami peningkatan. Siklus pertama, siswa memperoleh nilai rata-rata 74,17 kategori belum tuntas, sedangkan siklus kedua, siswa memperoleh nilai rata-rata 92,78 kategori tuntas.
Kata kunci : problem based learning, teks hasil observasi, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.
Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.
Suparno dan Mohammad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Setiyadi, Bambang. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Anugrah Jaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.