TINDAK ILOKUSI GURU DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NINGS COURSE BANDARLAMPUNG DAN IMPLIKASINYA
Abstract
This study aimed to describe acts of illocutionary teacher at the Institute Tutoring Ning's Course Bandar Lampung and its implications on the Speaking Skills courses in college. The method used in this research is descriptive qualitative. The results showed the use of illocutionary acts containing all the functions (1) assertive, is found in the form of express or inform, advise, demanding, and reporting; (2) directive found in commanding form, ask for, and advising; (3) commissive found in the form of promise; (4) found in the expressive form to thank, congratulate, apologize, and praise; and (5) is found in the form of declarative and grading permit. The results of the study have implications for the teaching subjects Speaking Skills with basic competencies and indicators contained in GBPP, namely neighbor pragmatics.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak ilokusi guru di Lembaga Bimbingan Belajar Nings Course Bandar Lampung dan implikasinya pada mata kuliah Keterampilan Berbicara di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan tindak ilokusi mengandung semua fungsinya (1) asertif, ditemukan dalam bentuk menyatakan atau memberitahu, menyarankan, menuntut, dan melapor; (2) direktif ditemukan dalam bentuk memerintah, meminta, dan menasihati; (3) komisif ditemukan dalam bentuk berjanji; (4) ekspresif ditemukan dalam bentuk mengucapkan terima kasih, mengucapkan selamat, meminta maaf, dan memuji; dan (5) deklaratif ditemukan dalam bentuk mengizinkan dan menggolongkan. Hasil penelitian berimplikasi pada pengajaran mata kuliah Keterampilan Berbicara dengan kompetensi dasar dan indikator yang terdapat dalam GBPP, yaitu tetang pragmatik.
Kata kunci: tindak tutur, ilokusi, keterampilan berbicara.
Full Text:
PDFReferences
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, Gillian and George Yule. 1996. Analisis Wacana (Terjemahan Sutikno). Jakarta: Gramedia.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.
Rakhmat, Jalaludin. 1992. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2011. Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.