KESANTUNAN BAHASA LISAN GURU SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
The problem in this research was the politeness of spoken language teachers of SMK Negeri 4 Bandar Lampung in learning Indonesian and its implications in the development of character education of vocational students in the academic year 2015/2016. This study aimed to describe the principle of manners speaking, the kinds of speech acts, values of character education, language spoken politeness implications in the development of character education students, and students' perception of politeness spoken language Indonesian teacher. This study used descriptive qualitative method. The results showed the principles of courtesy are found in the spoken language teacher was a maxim of wisdom as much as 42 languages spoken, the implications politeness oral language teachers in character education was reflected in the maxims of politeness and of speech acts used by teachers Indonesian, results of students' perception of politeness Indonesian spoken language teacher obtained 69.45% with a very polite response.
Masalah dalam penelitian adalah kesantunan bahasa lisan guru SMK Negeri 4 Bandar Lampung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan implikasinya dalam pengembangan pendidikan karakter siswa SMK tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip sopan santun berbahasa, jenis-jenis tindak tutur, nila-nilai pendidikan karakter, implikasi kesantunan bahasa lisan dalam pengembangan pendidikan karakter siswa, dan persepsi siswa terhadap kesantunan bahasa lisan guru Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan prinsip sopan santun yang ditemukan dalam bahasa lisan guru adalah maksim kebijaksanaan sebanyak 42 bahasa lisan, implikasi kesantunan bahasa lisan guru dalam pendidikan karakter tercermin dari maksim-maksim kesantunan dan jenis tindak tutur yang digunakan oleh guru Bahasa Indonesia, hasil persepsi siswa terhadap kesantunan bahasa lisan guru Bahasa Indonesia diperoleh 69,45% dengan tanggapan sangat santun.
Kata kunci: kesantunan berbahasa, bahasa lisan (tuturan), pendidikan karakter
Full Text:
PDFReferences
Miles, Matthew B dan Huberman, A. Michael.1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nababan, P.W.J. 2005. Ilmu Pragmatik. (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pemerintah Republik Indonesia. Kebijaksanaan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta: Pemerintah RI.
Ratnawati, Erna. 2012. Respon Verbal Peserta Didik SMP terhadap Jenis, Fungsi, dan Kesantunan Tuturan Guru Bahasa Indonesia di dalam Interaksi Pembelajaran. Jurnal Seloka: Unnes. Vol. 1 No. 2 tahun 2012.
Sugiono.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suud, Abu, dkk. 2011. Pendidikan Karakter di sekolah dan Perguruan Tinggi. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.