PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
Abstract
The aim of this study was to find out whether students social interaction ability can be improved by using group counseling services. The research method was quasi experiment with one-group pretest-posttest design. Subjects were 13 students of who have low social interaction ability. Data collection technique used observation. The results showed that students social interaction abilities had increased significantly after the administration of guidance counseling services. It was shown from the results obtained from pretest and posttest z output= -3,18 and z tables, with a value = 5% is 1,645.Because the z counts < z table, then Ho is rejected ada Ha is accepted, it means that there was a significant increased in social interaction after being given a guidance services group.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa peningkatan kemampuan interaksi sosial dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa. Metode penelitian ini bersifat Quasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak tiga belas siswa kelas X yang memiliki kemampuan interaksi sosial rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial siswa mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = -3,18 dan Z tabel, dengan nilai ? = 5% adalah 1,645. Karena Z hitung < Z tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan interaksi Sosial yang signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, interaksi sosial
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2013. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmadi, A. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
Prayitno. 1999. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia
Prayitno dan Amti. E. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Restyowati D dan Najlatun N. 2010. Penerapan Teknik Permainan Kerjasama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa. Surabaya : Unesa (Artikel)
Santoso, S. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama
Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.