HUBUNGAN KONSEP DIRI POSITIF DENGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA FKIP UNILA LUAR LAMPUNG

Aslama Puji Astuti, Muswardi Rosra, Ranni Rahmayanthi Zulkifli

Abstract


This study aimed to determine the correlation between positive self-concept with self-adjustment in college students of Teacher Training and Education Faculty, University of Lampung in 2014 academic year whose coming from outside of Lampung province. The population were 59 college students of FKIP University of Lampung in 2014 academic year whose coming from outside of Lampung province. The instrument used was the scale of positive self-concept and self-adjustment. So all data obtained was analyzed using statistic Correlation Product Moment Pearson. The result of this study showed that there is positive correlation between variables, which means the higher positive self-concept, the higher self-adjustment on a college students, with the rxy = 0.669 and r2 = 44.76%.


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan konsep diri positif dengan penyesuaian diri pada mahasiswa FKIP Universitas Lampung angkatan 2014 dari luar Propinsi Lampung. Populasi penelitian yaitu 59 mahasiswa FKIP Universitas Lampung angkatan 2014 dari luar Propinsi Lampung. Instrumen penelitian menggunakan skala konsep diri positif dan penyesuaian diri. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri positif dan penyesuaian diri memiliki korelasi yang kuat, artinya terdapat hubungan positif antar kedua variabel, sehingga semakin tinggi konsep diri positif maka semakin tinggi penyesuaian diri pada mahasiswa baru, dengan nilai rxy = 0,669 dan r2 = 44,76%.


Kata kunci : bimbingan dan konseling, jenis kelamin, konsep diri positif, penyesuaian diri


Full Text:

PDF

References


Agustiani, Hendriati. 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: Refika Aditama.

Chaplin, P. J. 2008. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Farozin, Muh. 2004. Pemahaman Tingkah Laku Buku Pegangan Kuliah. Jakarta: Asdi Mahastya.

Hurlock, B. Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kusdiyati, Sulisworo. 2011. Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. Jurnal Humanistik. Vol. VIII Nomor 2. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Rakhmat, Jalaluddin. 1989. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Remadja Karya.

Rumini, Sri. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja Buku Pengangan Kuliah. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, W, John. 2007. Remaja Edisi 11 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarasito.

Thalib, SB. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Emipiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.