PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA
Abstract
The purpose of this research was to know the increase in interpersonal communication by assertive training techniques. Research method was using quasi experiment by pretest-posttest control group design, it was analyzed by using independent test sample t-test. The subject of research was 24 students of class VIII who had low interpersonal communication which consisting of experiment group and control group. Data collection technique used observation. Result of the research showed there was an increase in students interpersonal communication, based on the result of the data analysis, the gain score of 2 research groups were obtained t value=16.23 and t table 0.05 with df22=2.074 because t value<t table, then H0 were rejected and Ha accepted, it means that there is a significant increase in interpersonal communication after giving assertive training.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan komunikasi interpersonal dengan teknik assertive training. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Subyek penelitian 24 siswa kelas VIII yang memiliki komunikasi interpersonal rendah yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan komunikasi interpersonal siswa, berdasarkan hasil analisis data gain score 2 kelompok penelitian diperoleh t hitung = 16,23 dan t tabel 0,05 dengan df 22= 2,074 Karena t hitung > t tabel,maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat terdapat peningkatan signifikan komunikasi interpersonal setelah pemberian assertive training.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta
Alvonco, Johnson. 2014. Practical Communication Skill. Jakarta: Elex Media Komputindo
Budiyatna & Leila. 2012. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo
Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.
Muzainah. 2012. Meningkatkan Komunikasi Interpersonal dengan menggunakan Latihan Asertif pada Siswa Kelas VIII-D SMPN 1 Kokop Bangkalan. Semarang: Jurnal BK Unesa. (Diakses pada tanggal 7 November 2014)
Purwanta, Edi. 2012. Modifikasi Perilaku alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Supratiknya, A. 1995. Tinjauan Psikologis Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.
Willis, Sofyan. 2011. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.