MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMA
Abstract
The objective of this research was to find out the increase of the students self-confident in learning through group guidance service. The problem in this research was the students self-confident in learning. This study is quasi-experimental research, with non equivalent control group design. The subject in this research were 24 students. Data collection technique used observation. The result showed the students self-confident in learning increased, using the wilcoxon test, the result of probability experiment group 0,002<sig. 0,05. Therefore Ha1 was accepted, it mean that the students self-confident in learning could be increased through group guidance service.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan percaya diri dalam belajar pada siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Masalah dalam penelitian ini percaya diri dalam belajar siswa. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan jenis nonequievalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri dalam belajar pada kelompok eksperimen meningkat, hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, nilai probabilitas pada kelompok eksperimen menunjukkan 0,002 < sig.0,05. Sehingga Ha1 diterima, maka percaya diri dalam belajar pada siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, percaya diri dalam belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dariyo, Agoes. 2007. Psikolodi Perkembangan (Anak Tiga Tahun Pertama). Bandung: PT. Refika Aditama.
Lina dan Klara. 2010. Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri. Jakarta: Nobel Edumedia.
Lie, Anita. 2003. 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: Elexmedia.
Prayitno. 2004. Seri Layanan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.
Santrock. 2003. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. 2007. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Widarso. 2005. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.