PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF SISWA

Novita Wella Sari, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The aims of this research was to increase of students assertive attitude at school through sociodrama. The problem in this research was the low students assertive attitude at school. This research was quasy-experimental research with equivalent time series. Subject in this research were 10 students. Technique the data of this research was observation sheet of students assertive attitude. The result showed that students assertive attitude could be increased by sociodrama. The assertive attitude had increased (gain score) of N-gain = 0,9 (high category) and Hypothesis testing using wilcoxon matched pairs test showed Zoutput < Ztable (-0,2803<8). Therefore Ha was accepted. It meant the students assertive attitude could be increased by sociodrama.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perilaku asertif siswa melalui sosiodrama. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perilaku asertif siswa disekolah. Penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan desain equivalent time series. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kemunculan perilaku asertif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku asertif siswa dapat ditingkatkan melalui sosiodrama. Perilaku asertif siswa mengalami peningkatan (gain score) N-gain = 0,9 (kategori tinggi) dan uji hipotesis menggunakan wilcoxon matched pairs test menunjukkan Zhitung < Ztabel (-2,803 < 8). Dengan demikian Ha diterima. Artinya perilaku asertif siswa dapat ditingkatkan menggunakan sosiodrama.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, perilaku asertif, sosiodrama


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Supriyono, W.2004. Psikologi Belajar.Jakarta:Rineka Putra

Allyati, Azmi Nur. 2013.Pengaruh Pemberian Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Perilaku Asertif Anak. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Corey, G. (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Rafika Aditama. (Terjemahan E. Sarwoko).

Fensterheim, H. And Baer, J. 1980.Jangan Bilang Ya bila Anda Akan Mengatakan Tidak (Terjemahan). Jakarta:Gunung Jati

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan :Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Terjemahan, Edisi Kelima. Jakarta:Erlangga

Novalia, dan Dayakisni, Tri. 2013. Perilaku Asertif dan Kecenderungan menjadi Korban Bullying. Jurnal:Universitas Ahmad Dahlan

Prawitasari, Johana E.1992.Pendekatan Kelompok dalam Konseling dan Psikoterapi. Skripsi.Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada

Sudjana, Nana.2005.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.