HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The purpose of this research was to determine the correlation between students self concept with the result of students achievement. The problem in this research was a result of students achievement. The method of this research was a quantitative. The population of this research as many 69 students. The sample of this research as many 24 students. The data collecting technique used measuring scale of students self concept. Meanwhile, the data analysis used correlation product moment pearson. Base on calculation result of correlation product moment at significant standard 0,05 known sig (2-tailed) p= 0,421 showed that r ratio > r table (0.421 > 0.388), so Ha was accepted. It mean there was a positive and significant correlation between concept of students self with the result of students achievement at the eleventh grade students of senior high school Swadhipa Bumisari Natar Lampung Selatan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konsep diri siswa dengan hasil belajar siswa di sekolah. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 69 siswa dan sampel penelitian sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri. Sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian data korelasi product moment pada tarap 0.05 didapat Sig (2-tailed) p= 0.421 menunjukkan bahwa r-hitung > r-tabel ( 0.421> 0.388) maka Ha diterima artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Swadhipa Bumisari Natar Lampung Selatan.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, konsep diri siswa, hasil belajar siswa
Full Text:
PDFReferences
Ananda, Nandang Kosasih. 2001. Motivasi, Sikap Terhadap Mengajar dan Konsep Diri Mahasiswa FKIP Universitas Lampung Tahun 2001. Universitas Lampung. Lampung.
Calhoun, JF. 1990. Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan, Semarang: IKIP Semarang Press.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawita S. 2010. Teori Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grup.
McInerney, Dennis M. 2006. Development Psychology For Teacher. Australia: National Library.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sriati, Aat. 2009. Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Akademik Remaja Akhir. (Skripsi). Universitas Padjajaran. Bandung.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.