MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY

Zulfajri Hidayah, Giyono Giyono, Ratna Widiastuti

Abstract


The aims of this study was to know the improvement self confidence of students by using rational emotive therapy. The method used in this research was Quasi experimental with one group pretest-posttest design, and stastiscally analyzed by non-parametric Wilcoxon test. The subjects of this study were 6 students, who had low self confidence in learning. It was shown stastiscally analyzed  which obtained z output = -2,207 and z table 0,05 = 0. Because z output < z table, then Ho was ignored and Ha was accepted. It meant that there was significant increases between self confidence of students before and after being given rational emotive therapy. The conclusion was that self confidence of students could be increased by using rational emotive therapy of students of grade VIII of SMP Negeri 3 Natar in 2013/2014.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa dengan menggunakan rational emotive therapy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimental dengan bentuk one group pretest-posttest, kemudian dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian sebanyak enam orang siswa yang memiliki percaya diri rendah dalam pembelajaran. Hasil analisis statistik menunjukkan z hitung = -2,207 dan z tabel = 0. Karena z hitung < z tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah diberikan pendekatan rational emotive therapy. Kesimpulan, kepercayaan diri siswa dapat ditingkatkan menggunakan rational emotive therapy pada siswa kelas VIII  SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2013/2014.

Kata kunci : bimbingan dan konseling, kepercayaan diri, rational emotive therapy.


Full Text:

PDF

References


Corey, Gerald. 1990. Theory And Practice Of Group Counseling. Cole Publishing Company. A Division Of Wadsworth, Inc.

___________. 1995. Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Jakarta: PT Eresco.

___________. 2009. Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

Fauzan, Lutfi. 1994. Modul pendekatan-pendekatan Konseling Kelompok. IKIP Malang.

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hurlock, B.E. 1999. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Jannah, Izzatul. 2006. Pengembangan Diri Remaja: Every Day is Pede Day. Solo: Era Eureka.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sukardi, Dewa Ketut. 1989. Pengantar Teori Konseling. Jakarta: Ghalia Indonesia.

_________________. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.