UPAYA PENINGKATAN SELF-DISCLOSURE DENGAN MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA

Nita Purnama Sari, Giyono Giyono, Ranni Rahmayanthi Zulkifli

Abstract


The purpose of this research was to know the improvement of self-disclosure by using group guidance for students. The method used in this research was quasi experiment with one group pretest-posttest design. Subjects in this research were six students, who had low self-disclosure. Data collection techniques use self-disclosure scale. The analysis showed that z output > z table (0,031 > 0), then Ho was rejected and Ha was accepted, meaning that there are the improvement of self-disclosure by using group guidance for students, it is showed from the result of data analysis by using sign test. The conclusion of this research is self-disclosure could be improved by using group guidance for students.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan self-disclosure dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini sebanyak enam siswa yang memiliki self-disclosure rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala self-discclosure. Hasil analisis menunjukkan bahwa z hitung > z tabel (0,031 > 0) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan self-disclosure dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan sign test. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah self-disclosure dapat ditingkatkan dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa.

 

Kata kunci : bimbingan kelompok, quasi experiment, self-disclosure.


Full Text:

PDF

References


Devito, Joseph A. 1996. Human Communication. New York: HarperCollins Publishers Inc. (Alih Bahasa: Ir. Agus Maulana MSM)

Gainau, Maryam B. 2009. Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) Siswa dalam Perspektif Budaya dan Implikasinya bagi Konseling. Jurnal Widya Warta Vol 33, 1-18.

Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Havighurts, R. J. A. 1997. Cross Cultural View, Understanding Adolescence Currents Developments in Adolescene Psychology. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Hidayati, Nurlaili. 2011. Keefektifan Teknik Homeroom untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung. Malang: Universitas Negeri Malang. Online http://library.um.ac.id/ diakses pada 8 September 2013: 20.00 WIB

Nurjanah. 2013. Peningkatan Self-Disclosure Siswa di Sekolah dengan Menggunakan Konseling Kelompok. Jurnal ALIBKIN Vol 2.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sears, David O., dkk. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supratiknya. 1995. Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius. Sears, David O., dkk. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Tubbs dan Moss. 2001. Human Communication. Singapore: Mc. Graw-Hill, Inc. (Alih bahasa : Dr. Deddy Mulyana)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.