MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK
Abstract
The purpose of this study is to determine the increase in students' social interaction through group counseling services. The method that was used in this study was a quasi-experimental with one-group pretest-posttest design. Subjects of this study were seven person who have low social interaction on VII class. Data collection techniques in this study used sociometry, observation, and interview. The analysis showed that z output<z table (-2,379<2) means that Ho is rejected and Ha is accepted. It can be concluded that social interaction in students can be improved by using group counseling services.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial siswa menggunakan layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak tujuh orang yang memiliki interaksi sosial rendah pada kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan Sosiometri, Observasi dan Wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa z output<z tabel (-2,379<2) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka penelitian ini dapat disimpulkan interaksi sosial pada siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, interaksi sosial, konseling kelompok.Full Text:
PDFReferences
Ali, Moh dan Asrori, Moh, 2004.Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara.
Gerungan.2004. Psikologi Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama.
Hurlock, Elizabeth.2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.
Prayitno.1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang : Ghalia Indonesia.
Prayitno & Amti, E.1999. “Pengantar Teori Konseling”. Jakarta : Rineka Cipta.
Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling. Malang : Universitas Negeri Malang.
Soekanto, Soerjono.2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketur. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.