HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN MINAT SISWA DENGAN AKTIVITAS MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

Widi Sujatmiko, Muswardi Rosra, Ranni Rahmayanthi

Abstract


The research objective was to determine (1) perceptions of the relationship with the service following activities BK, (2) the relationship with the interest following the activity of BK services, (3) the relationship of perception and interests with activity following the BK service. The method used descriptive research method. The study sample 67 students of class XI was taken with the technique and Quota Sample Stratified Random Sampling. The results obtained (1) rhitung = 0.302 > = 0.235 rtable then Ho is rejected and Ha accepted. It means that there is a connection with the students perceptions of the service following activities BK, (2) rhitung =0.252 > =0.235 rtable then Ho is rejected and Ha accepted. It means that there is a connection with the students interest following the activity of BK services, (3) rhitung =0322 > rtable =0.235 then Ho is rejected and Ha accepted. It means that there is a relationship perceptions and interests of students with activity following the BK service.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) hubungan persepsi  dengan aktivitas mengikuti layanan BK, (2) hubungan minat  dengan aktivitas mengikuti layanan BK, (3) hubungan persepsi dan minat dengan aktivitas mengikuti layanan BK. Metode yang digunakan metode penelitian deskriptif. Sampel 67 siswa dari 270 siswa kelas XI diambil dengan teknik Sampel Berstrata. Hasil yang diperoleh (1) rhitung =0.302 > rtabel =0.235 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan persepsi siswa dengan aktivitas mengikuti layanan BK, (2) rhitung =0.252 > rtabel =0.235 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan minat siswa dengan aktivitas mengikuti layanan BK, (3) rhitung =0.322>rtabel =0.235 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan persepsi dan minat siswa dengan aktivitas mengikuti layanan BK.

kata kunci: aktivitas mengikuti layanan BK, minat, persepsi siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Efendi, Usman. 1984. Pengantar Psikologi. Bandung : Angkasa

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Mar’at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan dan Pengukurannya. Jakarta : Ghalia Indonesia

Nawawi, Hadari. 1986. Administrasi dan Organisasi Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta : Ghalia Indonesia

Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.

Rahman, Hibana, S. 2003. Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta : UCP Pers

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Satiadarma, Monty P. 2001. Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak. Jakarta : Pustaka Populer Obor

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Surya, Muhammad. 2000. Karakteristik Pelajar dalam Proses Belajar. Bandung : Media Pembinaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.