MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
Abstract
The purpose of this research was to improve students' motivation using group guidance services. The method used was pre-experimental with one-group pretest-posttest design. Subjects were eight students who had low learning motivation. Data collection techniques use Motivation Scale Learning. The results showed that students' motivation could be enhanced by using group guidance services. The analysis of the data using different Wilcoxon test, from the pretest and posttest results obtained z output < z tabel (-2.530 <1,960) Ha was accepted, and Ho was rejected. The conclusion of this research is the motivation to learn could be improved by using group guidance services for students of eleventh grade SMK Waskita Bekri Academic Year 2012/2013.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian sebanyak delapan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Motivasi Belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh z output < z tabel (-2,530 < 1,960) maka Ha diterima, dan Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMK Waskita Bekri Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata kunci : bimbingan kelompok, bimbingan konseling, motivasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hartinah. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang
Sardiman A.M.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Winkel, WS. 1983. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.